WNI eks Timtim dukung Prabowo-Sandi

id Prabowo

WNI eks Timtim dukung Prabowo-Sandi

Puluhan WNI eks Timor Timur menggelar deklarasi mendukung Prabowo-Sandi, di Kupang, Jumat (5/10). (ANTARA Foto/Bernadus Tokan)

WNI eks Timor Timur yang berdomisili di Timor Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (5/10), menggelar deklarasi mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.
Kupang (AntaraNews NTT) - Warga Negara Indonesia (WNI) eks Timor Timur yang berdomisili di Timor Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (5/10), menggelar deklarasi mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Deklarasi yang diprakarsai Octavio Osario Soares dan dihadiri sekitar 100 WNI eks Timtim itu, digelar di kediaman tokoh WNI eks Timtim, Abilio Osorio Soares (alm) yang juga mantan Gubernur Timtim semasa Indonesia.

Dalam pernyataan dukungan yang dibacakan Vidal Sarmento menyebutkan, dukungan terhadap Prabowo-Sandiaga Uno ini didasari pada semangat perjuangan untuk membebaskan rakyat Timor Timur sejak pemberontakan Dom Boaventura pada tahun 1912 sampai dengan pemberontakan Viqueque pada tahun 1959.

Selain semangat menyatukan rakyat Timor Timur ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai statuta Partai Apodeti, 27 Mei 1974, yang telah diterima Pemerintah RI pada 24 September 1974.

Selain itu, semangat integrasi rakyat Timor Timur ke dalam NKRI pada 17 Juli 1976 serta Ketetapan MPR-RI Nomor: V/MPR RI tahun 1999 tentang Penentuan Pendapat Timtim tahun 1999.

Vidal Sarmento menambahkan, setelah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden, maka WNI eks Timor Timur meminta agar Prabowo-Sandiaga Uno dapat membentuk sebuah biro atau staf presiden khusus, untuk menangani WNI eks Timtim yang tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan Ketetapan MPR-RI Nomor: V/MPR RI Tahun 1999.

Baca juga: Duet Prabowo-Sandiaga pupuskan harapan kekuatan politik aliran

Prabowo juga diminta untuk membangun monumen di area Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, sebagai penghargaan atas komitmen kebangsaan WNI eks Timtim di Indonesia.

Sekaligus mengakui jasa para pejuang perintis integrasi Timor Timur yang gugur sebelum dan sesudah integrasi ke dalam NKRI.

Inisiator deklarasi Octavio Osario Soares menambahkan, sebagai wujud perjuangan memenangkan pasangan Prabowo-Sandi, telah dibentuk relawan yang tergabung dalam Peleton Khusus Prabowo-Sandi bernomor 02 (Tonus-Ps02)

Relawan ini akan bertugas memberikan pemahaman tentang siapa itu Prabowo, yang telah berjuang bersama WNI eks Timor Timur sejak masih berpangkat Kopral hingga Jenderal.

"Semua harus menjadi agen untuk memberikan pemahaman tentang Prabowo, terutama kepada sesama saudara WNI eks Timtim, bahwa Prabowo adalah tokoh yang setia dan tetap peduli pada rakyat eks Timtim sampai saat ini," katanya.

Hadiri dalam acara deklarasi sejumlah tokoh WNI eks Timtim yang mewakili wilayah-wilayah di Timtim antara lain, Alfonso Pinto mewakili rakyat Viqueque, Mario Vieira (Los Palos), Manuel Boavida (Dili), Chrispin Leite (Aileu), Agus Boavida (Baucau) dan Alberto Soriano (Aileu).

Baca juga: Prabowo Kukuhkan Jokowi Sebagai Pendekar Utama