Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota-kota besar di Indonesia diguyur hujan pada Selasa ini.   

Berdasarkan keterangan di laman resmi BMKG di Jakarta, Selasa, (21/5/2024) BMKG memprakirakan hujan disertai petir mengguyur sejumlah kota seperti Banda Aceh, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Pontianak, dan Banjarmasin.     

Sementara hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Medan, Tanjung Pinang, Kendari, Ambon, dan Ternate dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celsius, dan kelembapan antara 70-100 persen.

Hujan dengan intensitas ringan juga diprakirakan mengguyur sejumlah kota seperti Padang, Pekanbaru, Jambi, Pangkal Pinang, Serang, Palangkaraya, Gorontalo, Manado, dan Manokwari.


Sejumlah wilayah juga diprakirakan berawan, di antaranya Bengkulu, Samarinda, Mataram, Mamuju, Makassar, dan Jayapura.

Adapun cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Tarakan, dan Kupang.

Menurut prediksi BMKG, angin di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Kecepatan angin meningkat hingga lebih dari 25 knot terpantau ada di Laut Banda, Laut Arafuru dari Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur hingga Banten yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Suhu udara umumnya berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara rentang 55 hingga 100 persen.

"Tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai potensi banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah," tutur Prakirawan BMKG Syndhy Indah Pratiwi.

Baca juga: BMKG mulai siapkan ekspedisi investigasi fenomena kegempaan zona megatrust
Baca juga: BMKG bilang, 19 provinsi ini berpotensi diguyur hujan lebat
Baca juga: BMKG prakirakan hujan petir landa sebagian wilayah



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Selasa, BMKG prakirakan mayoritas kota besar Indonesia diguyur hujan

Pewarta : Sean Filo Muhamad
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024