Labuan Bajo (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat, Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Labuan untuk mengenang jasa pahlawan.
 
"Ini merupakan bagian dari rangkaian hari Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada 1 Juli 2024 mendatang," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko di Labuan Bajo, Senin, (24/6/2024).
 
Ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan Polres Manggarai Barat beserta jajarannya bersama Brimob Kompi 4 Detasemen B Pelopor Labuan Bajo.
 
Upacara tersebut ditandai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di sejumlah pusara.
 
Ia juga menjelaskan berziarah ke makam para pendahulu ini merupakan wujud untuk mengenang nilai-nilai perjuangan maupun keteladanan dari seluruh pahlawan bangsa Indonesia.
 
"Sehingga, kita harapkan nilai-nilai keteladanan tersebut menjadi motivasi, menjadi semangat bagi kita dalam menyongsong Hari Bhayangkara yang ke-78," tuturnya.
 
Ia menambahkan dengan mengenang dan merefleksikan keteladanan serta perjuangan para pahlawan, bisa menjadi semangat untuk seluruh personel Polri dalam menghadapi seluruh tantangan maupun tugas ke depan.
 
"Beberapa bulan ke depan, Kabupaten Manggarai Barat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, sehingga diperlukan kerja keras dari jajaran kepolisian maupun seluruh elemen masyarakat, untuk terus mengawal nilai persatuan dan kesatuan, demi mewujudkan Manggarai Barat yang lebih maju," katanya.

Baca juga: Polres Mabar berikan layanan kesehatan gratis bagi lansia
 
Selain itu, ia juga menekankan bahwa mengenang perjuangan serta nilai positif dari para pahlawan Indonesia menjadi penting untuk seluruh insan Bhayangkara.

Baca juga: Polres Mabar kerahkan ratusan personel amankan Shalat Idul Adha 2024
 
"Pentingnya mewarisi nilai-nilai semangat untuk menjadi motivasi kita bersama seluruh insan Bhayangkara yang bertugas di seluruh pelosok Kabupaten Manggarai Barat," katanya.*

Pewarta : Gecio Viana
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024