Labuan Bajo (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Run and Fun Walk yang diikuti sebanyak 3.700 peserta dari tiga kabupaten dalam rangkaian hari jadi ke tiga Lanal Labuan Bajo tahun 2024.
 
"Tujuan utama meningkatkan kesehatan masyarakat melalui olahraga dan peserta yang ikut dari Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur," kata Komandan Lanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Iwan Hendra Susilo di Labuan Bajo, Sabtu, (20/7).
 
Ia menjelaskan Run and Fun Walk yang dilakukan di Labuan Bajo itu menjadi sarana untuk lebih memperkenalkan kehadiran Lanal Labuan Bajo sekaligus mempererat tali persaudaraan antarwarga melalui olahraga bersama.
 
"Tujuan lainnya agar tercipta sinergitas TNI-Polri dengan masyarakat sekitar khususnya di Kabupaten Manggarai Barat," katanya.
 
Dalam rangkaian hari ulang tahun Lanal Labuan Bajo, lanjut dia, pada Minggu 21 Juli 2024 terdapat tiga Kapal Republik Indonesia (KRI) yang tiba di Labuan Bajo dalam Operasi Trisila TNI AL.
 
"Tiga kapal perang dalam rangkaian Operasi Trisila tahun 2024 yaitu KRI Ahmad Yani-351, KRI Teluk Ende-517 dan KRI Layang-635," katanya.
 
Tidak hanya itu, kata dia, rangkaian kegiatan lainnya pada awal pekan depan yakni bersih Pantai Pede Labuan Bajo bersama komunitas maritim dan aksi sosial donor darah serta karya bakti di Dusun Warloka Pesisir sebagai tempat pelaksanaan Kampung Bahari Nusantara.
 
"Sekaligus promosi TNI Angkatan Laut di SMAN 1 komodo dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuan Bajo," jelasnya.
 
Ia juga mengatakan Lanal Labuan Bajo berkomitmen melayani masyarakat dan potensi maritim lainnya serta melaksanakan atau membantu keamanan laut sekitar Labuan Bajo.
 
Ia mengaku keamanan laut di perairan laut Manggarai Barat dinilai kondusif. Hal ini juga berkat kerja kolaborasi dan sinergitas antarlembaga di Manggarai Barat.
 
"Sehingga akan mendukung perekonomian daerah yang nantinya akan menambah kemajuan dari Kabupaten Manggarai Barat," katanya.
 
Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengapresiasi rangkaian kegiatan hari ulang tahun Lanal Labuan Bajo yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Lanal Labuan Bajo ajak warga kunjungi tiga KRI
 
Ia menjelaskan Run and Fun Walk Lanal Labuan Bajo diharapkan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.

Baca juga: TNI AL komit jaga kamtibmas pariwisata di Labuan Bajo
 
"Kami harapkan jaya selalu Lanal Labuan Bajo, terus berkarya," katanya.

Pewarta : Gecio Viana
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024