Kupang (ANTARA) - EVP Operasi Sistem Kelistrikan (OSL) PLN, Dispriansyah melakukan peninjauan langsung ke Unit Induk Wilayah NTT dan berkunjung ke kantor PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) NTT, Jumat (18/10). Kunjungan ini untuk memastikan kehandalan pasokan listrik di wilayah Nusa Tenggara Timur, jelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Peninjauan ini berlangsung dalam suasana penuh antusias, mengingat pentingnya peran listrik dalam mendukung berbagai kegiatan dan layanan publik di NTT.

Dalam sambutannya, Dispriansyah menyatakan bahwa “Jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak khususnya di NTT merupakan kesempatan emas bagi kita untuk menunjukkan komitmen PLN dalam menyediakan layanan listrik yang handal dan berkualitas. 

"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat tidak mengalami gangguan pasokan listrik, terutama dalam momen-momen penting seperti ini," ujarnya.

Selama kunjungan, EVP OSL meninjau beberapa fasilitas strategis termasuk pembangkit listrik dan jaringan transmisi serta berinteraksi dengan personil dispatcher yang bertugas untuk memastikan kelancaran operasional. 

Ia juga berbincang langsung dengan manajemen PLN UP2B NTT dalam hal ini Andi Martha Siswahyudi selaku manager mengenai berbagai tantangan yang dihadapi dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan kualitas layanan.

"Koordinasi yang baik antara PLN dan pemerintah daerah sangatlah penting. Kami juga akan terus memastikan semua insan PLN terlibat dalam mendukung pengelolaan sumber daya listrik yang efisien dan efektif," ujar Andi.

Kunjungan ini tidak hanya fokus pada aspek operasional, tetapi juga mencakup diskusi mengenai pengembangan sumber daya manusia di PLN. EVP OSL menekankan pentingnya pelatihan dan pendidikan bagi pegawai PLN untuk menghadapi tantangan di era digital.

"Kami ingin memastikan bahwa tim kami memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru. Investasi dalam SDM adalah investasi masa depan perusahaan," tambahnya.

Keandalan pasokan listrik tidak hanya penting bagi kelancaran jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat NTT. 

Pasokan listrik yang stabil mendukung berbagai aktivitas masyarakat, meningkatkan produktivitas, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. 

Keberhasilan ini membuktikan bahwa PLN memiliki kemampuan untuk memberikan solusi yang efektif dalam menghadapi berbagai tantangan di sektor kelistrikan.

Di akhir kunjungan, Dispriansyah memberikan ucapan terimakasih kepada tim PLN UP2B NTT atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam menyediakan listrik yang handal bagi masyarakat. "Kami semua adalah bagian dari solusi. Mari kita terus bekerja bersama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi rakyat," tutupnya.

Keberhasilan PLN dalam menjaga pasokan listrik jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak bukan hanya sekadar memenuhi kebutuhan energi saat ini, tetapi juga merupakan langkah penting dalam mewujudkan Indonesia maju. 

Keandalan pasokan listrik menjadi fondasi bagi pengembangan negeri di masa depan. Apresiasi yang diberikan EVP OSL menjadi pemacu semangat bagi PLN untuk terus berinovasi dan mengembangkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Dengan demikian, PLN dapat memastikan ketersediaan energi yang cukup bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
 

Pewarta : Aloysius Amasuba Mawar
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024