Shana: Minat kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo meningkat pascapandemi

id Labuan BAJO, BOPLBF,BPOLBF,SHANA FATINA,G20

Shana: Minat kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo meningkat pascapandemi

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina saat menjadi pemateri dalam Panel Diskusi Tri Hita Karana (THK) Forum 2022 yang diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center, 13 - 14 November 2022 lalu.ANTARA/Ho-BPOLBF

...Labuan Bajo adalah salah satu dari lima DPSP di Indonesia, rumah dari Komodo. Kami beruntung bahwa minat kunjungan pasca pandemi, kata Shana dalam Panel Diskusi Tri Hita Karana (THK) Forum 2022 yang diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center, 13

Kupang (ANTARA) - Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan minat kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, Pascapandemi  begitu tinggi, dan tentunya akan mendorong pemulihan ekonomi di Labuan Bajo begitu tinggi.

"Labuan Bajo adalah salah satu dari lima DPSP di Indonesia, rumah dari Komodo. Kami beruntung bahwa minat kunjungan pasca pandemi,” kata Shana dalam Panel Diskusi Tri Hita Karana (THK) Forum 2022 yang diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center, 13 - 14 November 2022 lalu.

Dia menyampaikan hal tersebut karena Labuan Bajo memiliki keunikan sebagai destinasi yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO, dan menjadi destinasi bahari pilihan.

Dia menjelaskan bahwa pemulihan PascaPandemi COVID-19 di Labuan Bajo menjadi satu dari 5 Destinasi Super Prioritas saat ini berlangsung cepat.

Shana juga melanjutkan bahwa BPOLBF bersama stakeholder terkait saat ini tengah melakukan pengembangan Kota Labuan Bajo agar tidak saja menjadi tempat transit tetapi juga menjadi destinasi MICE (Meetings, Incentive, Conferences, Exhibitions) sebagai diversifikasi produk.

Apa yang dilakukan BPOLBF saat ini adalah mentransformasikan pariwisata berkelanjutan dalam tindakan nyata dan bagaimana menarik orang untuk datang ke Labuan Bajo.

Dia mengatakan pihaknya mengembangkan Labuan Bajo itu sendiri menjadi destinasi dan mencoba mengenalkan bahwa Labuan Bajo bukan saja tentang Komodo dan wisata bawah lautnya tetapi juga bahwa Labuan Bajo menawarkan wisata MICE, termasuk keragaman budaya dan masyarakatnya sebagai satu ekosistem.

“Pariwisata berkelanjutan akan terwujud hanya dengan keterlibatan dan inklusivitas semua pihak. Tumbuh dan berkolaborasi bersama lanjut,”Shana.

Narasumber lain juga turut berbicara mengenai peran Travel and Tourism dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19 adalah Brune Poirson, Chief Sustainability Officer Accor Group, member of the Executive Committee; Widya Listyowulan, Vice President of Public Policy, Government Relations, and Sustainability of Traveloka; dan Omar Romero, Chief Development Officer of Six Senses.

Baca juga: BPOLBF perkenalkan produk ekraf NTT lewat Pameran Ekraf Exotic di Jakarta

Selain menghadiri Forum THK 2022, Direktur Utama BPOLBF juga menghadiri Investment Forum B20 yang berlangsung pada 11 November lalu di Bali.

Secara umum THK Forum terdiri dari dua bagian yaitu THK Blended Finance Forum yang diadakan pada 13 hingga 14 November 2022 dan _THK Future Knowledge Summit pada 17-18 November mendatang.

Baca juga: Menparekraf apresiasi penyelenggaraan IFG LBM

THK Blended Finance Forum ini kemudian dibagi dalam beberapa panel diskusi, salah satunya adalah panel diskusi tentang Sustainable Travel & Tourism and Historical Urban Lanscape.