Kota Kupang kampanye gemar makan ikan cegah stunting

id NTT,kekerdilan,makan ikan,cegah stuting,kota kupang

Kota Kupang kampanye gemar makan ikan cegah stunting

Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh (kedua dari kiri) memperlihatan lobster yang memiliki kandungan protein tinggi di Kupang, Kamis (1/12/2022) ANTARA/Benny Jahang

Kota Kupang merupakan daerah penghasil ikan yang sangat melimpah sehingga anak-anak dari sejak dini harus dibiasakan untuk mengkonsumsi ikan...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mengelar kegiatan kampanye gemar makan ikan untuk mengajak para orang tua lebih banyak konsumsi ikan sebagai salah upaya mencegah terjadi stunting atau kekerdilan pada anak.

"Mengkonsumsi ikan bagi ibu hamil sangat penting karena kandungan protein dalam ikan sangat tinggi, semakin banyak konsumsi ikan maka anak-anak bertumbuh semakin sehat," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Kamis, (01/12/2022).

George Melkianus Hadjoh mengatakan hal itu dalam kegiatan kampanye gemar makan ikan bagi masyarakat Kota Kupang yang berlangsung di Kantor Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa.

Menurut dia mengkonsumsi ikan bagi anak-anak sangat penting karena kandungan protein dalam ikan sangat tinggi sehingga sangat cocok diberikan bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan.

"Kota Kupang merupakan daerah penghasil ikan yang sangat melimpah sehingga anak-anak dari sejak dini harus dibiasakan untuk mengkonsumsi ikan. Tidak harus ikan yang mahal tetapi ikan yang murah juga memiliki kandungan protein yang tinggi," kata George Melkianus Hadjoh.

Menurut dia konsumsi ikan bagi ibu hamil dan anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan juga memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya kekerdilan.

"Termasuk anak-anak yang kurang gizi juga sangat penting untuk mengkonsumsi ikan agar pertumbuhan menjadi lebih baik," tegas mantan Kepala Dinas Perikanan Provinsi NTT itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang Ejbends Doeka mengatakan kampanye gemar makan ikan merupakan salah satu strategi dilakukan Dinas Perikanan dalam membantu pemerintah dalam penanganan 6.000 orang anak yang mengalami kekerdilan.

"Kampanye makan ikan ini merupakan strategis untuk mengatasi masalah kekerdilan yang sedang dihadapi pemerintah dan masyarakat Kota Kupang," kata Ejbends Doeka.

Dia menjelaskan semakin banyak ibu-ibu hamil dan anak-anak mengkonsumsi ikan maka asupan gizi menjadi lebih memadai.

Baca juga: Nelayan tradisional Rote minta Australia perluas area pencarian ikan

"Kandungan protein dalam ikan sangat tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya anak dengan kekerdilan,"tegas Ejbends Doeka.

Baca juga: Pemkab Kupang alokasikan Rp7,8 miliar pengadaan sarana perikanan

Dalam kegiatan kampanye gemar makan ikan, Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjo sempat mempraktikkan tentang cara mengolah ikan segar sehingga mudah dikonsumsi orang tua bersama anggota keluarga di rumah dalam mencegah kekerdilan.