Peduli korban gempa Cianjur, Perbarindo salurkan bantuan

id perbarindo,perbarndo bantu korban gempa cianjur,program perbarindo peduli,gempa cianjur

Peduli korban gempa Cianjur, Perbarindo salurkan bantuan

Perbarindo terus berupaya untuk berkontribusi bagi masyarakat melalui penyaluran bantuan dana, bahan pokok, jaket dan tangki air untuk warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Perbarindo)

Kupang (ANTARA) - Perbarindo terus berupaya untuk berkontribusi bagi masyarakat melalui penyaluran bantuan dana, bahan pokok, jaket dan tangki air untuk warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Sebagai rasa simpati dan peduli kami, Perbarindo langsung menghimpun donasi dari seluruh pelaku Industri BPR-BPRS untuk membantu para korban gempa Cianjur. Kami akan terus berbuat dan berbagi, industri ini hadir untuk melayani masyarakat," kata Ketua Umum Perbarindo Tedy Alamsyah dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu (10/12/2022).

Gempa yang melanda Kabupaten Cianjur terjadi pada tanggal 21 November 2022, berkekuatan 5,6 SR. Gempa ini telah menyebabkan rumah tinggal masyarakat mengalami kerusakan, dari yang retak sampai dengan yang rusak sangat besar.Bahkan gempa ini telah menyebabkan masyarakat kehilangan anggota keluarganya. 

Menanggapi kondisi itu, Perbarindo bergerak dengan cepat melalui Program Perbarindo Peduli dengan mengumpulkan donasi dari pelaku Industri BPR-BPRS sebanyak Rp140 juta. 

Penyerahan Donasi telah dilakukan pada tanggal 6 Desember 2022 dengan lokasi pertama yang ditinjau adalah di Taman Prawatasari yang berlokasi di Jl. Surya Kencana No. 1 Sawah Gede Kecamatan Cianjur. 

Lokasi ini menjadi tempat pengungsian dari berbagai lokasi gempa antara lain Kp. Cibeureum, Kp. Cisalak, Kp. Cugenang yang sampai saat ini masih terdapat 181 Keluarga atau sebanyak 494 warga yang masih mengungsi di lokasi tersebut. 

Bantuan dana yang diberikan khusus segmen anak-anak sebanyak 200 anak yang diberikan bingkisan berupa buku tulis, buku gambar dan peralatannya dan amplop berisi uang yang disaksikan oleh Ketua Koramil 0608 Kabupaten Cianjur.

"Kami hadir untuk meneruskan amanah dari pelaku Industri BPR-BPRS  yang telah dipercayakan kepada DPP untuk menyalurkan donasi kepada masyarakat yang terdampak gempa sebagai bentuk kepedulian kami," kata Tedy didampingi oleh jajaran pengurus DPP Perbarindo dan Ketua DPD Perbarindo Jawa Barat.

Donasi juga diberikan kepada karyawan BPR/BPRS yang terdampak gempa berupa uang tunai yang secara seremonial dilakukan oleh Ketua Umum Perbarindo.

Lokasi kedua yakni Kp. Cipetir Dewa Ciwalen Kecamatan Warung Kondang yang merupakan salah satu salah satu lokasi yang terkena gempa yang mengakibatkan sebagian rumah roboh termasuk kantor camat. 

Pada lokasi ini Perbarindo, menyerahkan bantuan berupa paket sembako untuk 300 keluarga, jaket dan tangki air. Bantuan diterima langsung oleh masyarakat setempat yang disaksikan oleh kepala desa.

Dalam kesempatan penyerahan bantuan juga, tim DPP Perbarindo memberikan motivasi melalui berbagai permainan dan hadiah bagi anak-anak yang masih berada di area pengungsian. 

"Kami sangat turut prihatin atas kejadian gempa ini, mari kita tetap semangat untuk segera pulih dan bangkit dari musibah ini. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kami korban gempa dan dapat bermanfaat serta menguatkan mereka dalam menghadapi musibah ini," katanya.