TBBM Tenau sebagi titik nol kilometer perjalanan BBM di NTT

id Pertamina, NTT,TBBM Tenau,Kota Kupang

TBBM Tenau sebagi titik nol kilometer perjalanan BBM di NTT

Suasana di Fuel Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tenau Kupang, NTT,Rabu, (1/3/2023). TBBM Tenau Kupang merupakan Terminal BBM terbesar di NTT yang menjadi titik nol perjalanan BBM ke enam lokasi TBBM kecil di NTT serta penyaluran ke negara tetangga Timor Leste. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Sebagai salah satu pemasok kebutuhan BBM untuk wilayah NTT, TBBM Tenau mendapat suplai BBM dari Tuban, Manggis, RU VI Balikpapan dan IT Wayame...
Kupang (ANTARA) - PT Pertamina menyebut Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur sebagai titik nol kilometer perjalanan BBM di NTT.

Section Head Communication & Head Relations Taufik Kurniawan ditemui wartawan di TBBM Tenau Kupang, Rabu, (1/3/2023) mengatakan bahwa,TBBM Tenau merupakan salah satu Fuel Terminal yang berada dalam wilayah kerja PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Tenggara (Jatimbalinus) dengan luas area mencapai 3.83 hektare.

"Sebagai salah satu pemasok kebutuhan BBM untuk wilayah NTT, TBBM Tenau mendapat suplai BBM dari Tuban, Manggis, RU VI Balikpapan dan IT Wayame," katanya.

TBBM Tenau yang berdiri sejak tahun 1968 itu juga ujar dia, menjadi salah satu TBBM besar di wilayah Jatimbalinus, yang menjamin kebutuhan masyarakat akan bahan bakar tercukupi sampai dengan ke pelosok.

Saat ini ada kurang lebih 12 tangki timbun dengan kapasitas besar berada di kawasan TBBM Tenau tersebut yang menampung berbagai produk BBM untuk kemudian didistribusikan ke seluruh wilayah NTT.

Taufik menambahkan bahwa selain mendistribusikan BBM ke daratan pulau Timor dan terminal BBM itu juga mampu mensuplai BBM ke terminal BBM kecil yang ada di wilayah NTT.

Beberapa diantaranya seperti TBBM Ende, TBBM Waingapu Kabupaten Sumba Timur, TBBM Reo kabupaten Manggarai, TBBM Maumere, TBBM Atapupu di Kabupaten Belu dan TBBM Kalabahi di Kabupaten Alor

Dia menambahkan sampai dengan pukul 10.00 WITA, stok bahan bakar minyak (BBM) berbagai produk masih aman untuk didistribusikan ke seluruh wilayah di NTT.

DIa merincikan untuk stok BBM jenis Pertalite stoknya mencapai 9.118 kiloliter dan konsumsi hariannya mencapai 357 kiloliter. Sementara Pertamax stok yang ada kini mencapai 493 kiloliter dengan konsumsi harian 24 kiloliter.

"Sehingga dengan jumlah ini tentunya masih sangat amat. Karena itu masyarakat tidak perlu cemas atau khawatir akan kekosongan BBM," ujar dia.

Selain dua produk BBM itu ada pula, Kerosene 5.678 KL dengan konsumsi harian 115 KL, Solar 10.165 KL dengan konsumsi harian 233 KL, dan Avtur sebesar 1.884 KL dengan konsumsi harian sebesar 76 KL.

Selain itu tambah dia, selain pasokan untuk wilayah NTT TBBM Tenau juga menjadi sebagai pemasok Avtur untuk negara tetangga yakni Timor Leste melalui Pertamina International Timor S.A. (PITSA).

Baca juga: Pertamina : Longsor tak ganggu distribusi BBM ke Timor Leste

Baca juga: Pertamina imbau warga gunakan BBM berkualitas