Banjir terjang empat desa di Bima

id bpbd bima,hujan lebat,cuaca ekstrem,Banjir

Banjir terjang empat desa di Bima

Luapan air sungai di Kabupaten Bima, NTB yang mengakibatkan rumah warga diterjang banjir, Senin (6/3/2023) (ANTARA/Humas BPBD Bima)

Empat desa yang diterjang banjir yakni Desa Kuta di Kecamatan Lambitu, Desa Taloko di Kecamatan Sanggar, Desa Pesa, dan Desa Maria di Kecamatan Wawo...
Mataram (ANTARA) - Empat desa di Kapaten Bima, Nusa Tenggara Barat dilaporkan diterjang banjir setelah wilayah itu dilanda hujan deras, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima.

"Empat desa yang diterjang banjir yakni Desa Kuta di Kecamatan Lambitu, Desa Taloko di Kecamatan Sanggar, Desa Pesa, dan Desa Maria di Kecamatan Wawo," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima Isyra dalam keterangan resminya di Mataram, Senin, (6/3/2023).

Ia mengatakan banjir bandang yang menerjang rumahnya warga tersebut diakibatkan tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah setempat, sehingga aliran air sungai di Desa Kuta tidak mampu menampung debit air dan meluap di ruas jalan raya setinggi kaki orang dewasa.

"Dalam peristiwa banjir tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun banyak material ruas jalan Desa Kuta yang mengakibatkan arus lalu lintas terganggu," katanya.

Sementara itu dampak banjir di Kecamatan Wawo menyebabkan satu rumah panggung milik Sukrin di Desa Pesa hanyut dibawa banjir dan 10 rumah tergenang banjir setinggi lutut orang dewasa dan kerusakan talud sungai. Selain itu, banjir di Kecamatan Sanggar merendam puluhan hektare tanaman padi milik warga.

"Jumlah rumah yang terdampak 14 unit dan fasilitas umum seperti Kantor KUA, kantor pos dan Rumah Dinas Camat Wawo tergenang banjir," katanya.

Ia mengatakan penyebab terjadinya banjir itu juga, karena terjadinya penyempitan sungai di bagian hilir, sehingga air meluap ke pemukiman warga di bantaran dan areal pertanian. Setelah menerima informasi kejadian pihaknya langsung melakukan penanganan darurat bencana terhadap daerah terdampak.

"Kondisi air telah mulai surut," katanya.

Baca juga: Disdik Kota Mataram: SK guru PPPK tunggu revisi penempatan

Baca juga: Banjir terjang Sumbawa Barat






 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hujan deras, empat desa di Kabupaten Bima diterjang banjir