Kantor Imigrasi Labuan Bajo periksa 330 dokumen delegasi ASEAN Summit

id asean, asean summit,ktt asean,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,imigrasi,paspor,dokumen perjalanan,kemenkumham,pres

Kantor Imigrasi Labuan Bajo periksa 330 dokumen delegasi ASEAN Summit

Petugas Kantor Imigrasi Labuan Bajo melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan milik presiden dan perdana menteri serta rombongan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Manggarai Barat, NTT, Selasa (9/5/2023). (ANTARA/HO-Imigrasi Labuan Bajo)

...Sebanyak 330 dokumen perjalanan (paspor) milik Presiden, Perdana Menteri, dan rombongan delegasi KTT ke-42 ASEAN selesai diperiksa oleh petugas Imigrasi Labuan Bajo, kata Kepala Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Jaya Mahendra di Labuan Bajo, Manggarai
Labuan Bajo (ANTARA) - Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur telah memeriksa 330 dokumen perjalanan milik presiden dan perdana menteri serta rombongan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

"Sebanyak 330 dokumen perjalanan (paspor) milik Presiden, Perdana Menteri, dan rombongan delegasi KTT ke-42 ASEAN selesai diperiksa oleh petugas Imigrasi Labuan Bajo," kata Kepala Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Jaya Mahendra di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu, (10/5/2023).

Delegasi KTT ke-42 ASEAN telah berdatangan ke Labuan Bajo melalui Bandar Udara Komodo Labuan Bajo sejak Selasa kemarin.

Proses pemeriksaan dokumen perjalanan pun dilakukan oleh empat petugas konter Imigrasi dengan waktu kurang dari 20 menit.

Jaya mengatakan pemeriksaan dilakukan secara kolektif difasilitasi oleh Liasion Officer (LO) Kementerian Luar Negeri dan delegasi.

Dia menyebut tidak ada antrean panjang pada konter Imigrasi. Selain itu pemeriksaan juga diawasi langsung oleh Direktur Kerjasama Keimigrasian, Heru Tjondro dan Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana D Jone.

Kantor Imigrasi Labuan Bajo merincikan pemeriksaan dilakukan terhadap rombongan dari Kamboja sebanyak 64 delegasi yang terdiri dari 22 kru pesawat dan 42 penumpang, rombongan dari Timor Leste sebanyak 27 delegasi yang terdiri dari 13 kru pesawat dan 14 penumpang, serta rombongan dari Vietnam sebanyak 93 delegasi yang terdiri dari 25 kru pesawat dan 68 penumpang.

Selanjutnya pemeriksaan dilakukan kepada rombongan dari Malaysia sebanyak 18 delegasi diantaranya 8 kru pesawat dan 10 penumpang, rombongan dari Laos sebanyak 39 delegasi diantaranya 16 kru pesawat dan 23 penumpang, lalu rombongan dari Filipina sebanyak 72 delegasi diantaranya 19 kru pesawat dan 53 penumpang.

Terakhir, rombongan dari Singapura sebanyak 17 delegasi diantaranya 4 kru pesawat dan 13 penumpang.

Sedangkan Perdana Menteri Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzadin Waddaulah baru tiba di Labuan Bajo pagi ini, Rabu dengan membawa rombongan sebanyak 20 delegasi.

Sebelumnya Kantor Imigrasi Labuan Bajo bersama tim Pengumandahan Keimigrasian NTT telah menyusun tugas dan jadwal pelayanan dan pengawasan.

Sekiranya ada tiga posko dengan 10 titik pengawasan yang menjadi fokus pelayanan Kantor Imigrasi Labuan Bajo.

Kantor Imigrasi Labuan Bajo berkomitmen untuk melakukan pengawasan baik secara mandiri maupun bersama dengan anggota Tim Pengawasan Orang Asing terhadap kedatangan warga negara asing mulai dari bandara serta aktivitas dan keberadaannya.

KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo sendiri telah dimulai dengan pertemuan kepala negara ASEAN di Hotel Meruorah Labuan Bajo. Acara selanjutnya adalah welcoming dinner di Hotel Ayana Labuan Bajo malam nanti.

Baca juga: Kemenkumham bentuk Tim Pengumandahan Keimigrasian NTT selama ASEAN Summit

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo awasi WNA masuk keluar bandara jelang ASEAN Summit








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Imigrasi Labuan Bajo periksa 330 dokumen delegasi ASEAN Summit