Wakil Bupati Kupang apresiasi TNI-AD gelar program TMMD

id NTT,TMMD,TMMD kabupaten kupang,kodim 1604 kupang

Wakil Bupati Kupang apresiasi TNI-AD gelar program TMMD

Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe saat melakukan pemeriksaan pasukan pada acara pembukaan TMMD di Desa Oenif Kecamatan Nekamese, Rabu. (ANTARA/Benny Jahang)

Program TMMD juga memiliki dampak pada pengembangan potensi daerah yang dapat berkontribusi positif bagi masyarakat...
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jerry Manafe mengapresiasi terhadap TNI-AD yang melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah beberapa kali dilaksanakan Kodim 1604 Kupang dengan hasil pengerjaan sangat berkualitas.

"Pemerintah Kabupaten Kupang sangat berterima kasih dengan adanya program TMMD dilakukan TNI  karena membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur dengan kualitas yang sangat baik," kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat membuka kegiatan TMMD ke-117 di Desa Oenif Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang, Rabu, (12/7/2023).

Pelaksanaan TMMD  ke-117 di Desa Oenif Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang dilaksanakan mulai 12 Juli hingga 10 Agustus 2023 dengan melibatkan 150 personil baik TNI,Polri pemerintah setempat dan masyarakat Desa Oenif.

Wakil Bupati Jerry Manafe mengatakan kualitas bangunan yang dikerjakan melalui program TMMD sangat baik dan berbeda dengan kualitas pekerjaan yang dilakukan melalui proses tender.

Ia mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) selain merupakan wujud operasi bakti TNI dalam program terpadu lintas sektoral secara terintegrasi juga sebagai wadah untuk mempersatukan dalam menggelorakan semangat bekerja gotong royong  bersama masyarakat.

Dia mengatakan selain untuk menitik beratkan pada ketersediaan infrastruktur sebagai kebutuhan dasar masyarakat, kegiatan TMMD juga bermanfaat dalam membentuk karakter masyarakat.

"Program TMMD juga memiliki dampak pada pengembangan potensi daerah yang dapat berkontribusi positif bagi masyarakat," kata Jerry Manafe.

Ia berharap berbagai kegiatan dilakukan dalam program TMMD di Kecamatan Nekamese itu dapat mengurasi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat selama ini dalam mengelola potensi daerah.

"Momentum program TMMD ini bisa meningkatkan rasa solidaritas dan semangat gotong royong masyarakat sehingga menjadikan Kabupaten Kupang sebagai daerah yang maju, mandiri dan sejahtera sesuai potensi  daerah ini," kata Jerry Manafe.

Menurut dia kegiatan TMMD yang telah beberapa kali dilakukan di Kabupaten Kupang seperti di Amfong Timur, Amarasi Selatan tidak memiliki persoalan.

"Kualitas bangunan yang dikerjakan dalam program TMMD ini lebih bagus dari bangunan yang dikerjakan melalui proses pelelangan kepada kontraktor," kata Jerry Manafe.

Baca juga: Bupati Masneno: Program TMMD TNI AD dorong semangat gotong royong
 
Sementara itu Komandan Distrik Militer (Kodim) 1604 Kupang Letkol (Inf) Wiwid Jalu Wibowo menjelaskan kegiatan TMMD ke-117 di Desa Oenif  dengan fokus pembangunan rehab bangunan sekolah, pembangunan rabat jalan, rehab bangunan gereja.

Baca juga: Danrem 161/WS: Pelaksanaan TMMD sesuai prioritas kebutuhan warga

Selain itu juga dilakukan penyuluhan tentang tekologi tepat guna, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan tentang kesadaran hukum dan Kamtibmas, penyuluhan tentang rekrutmen TNI-AD, penyuluhan teknologi tepat guna dalam bidang pertanian, penyuluhan kesehatan, penyuluhan tentang UU perkawinan, penyuluhan tentang penanganan stunting,