BMKG ingatkan warga lima kecamatan di Mabar waspada karhutla

id bmkg,el nino,kekeringan,angin kencang,kebakaran hutan dan lahan,karhutla,manggarai barat,ntt,flores,labuan bajo

BMKG ingatkan warga lima kecamatan di Mabar waspada karhutla

Ilustrasi - Upaya pemadaman api di Bukit Sylvia Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin (22/8/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

"Kekeringan yang disertai angin kencang tentu menyebabkan kebakaran meluas pada area lain
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo mengingatkan warga pada lima kecamatan di Manggarai Barat untuk mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dampak dari kekeringan akibat fenomena El Nino di Indonesia.

"Kami imbau masyarakat di lima kecamatan untuk waspada angin kencang yang bisa menyebabkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Sti Nenotek dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin (7/8).

BMKG memberikan imbauan kewaspadaan kebakaran hutan dan lahan pada lima kecamatan di Manggarai Barat yakni Kecamatan Macang Pacar, Komodo, Boleng, Lembor Selatan,dan Sano Nggoang.

Sti mengatakan kebakaran hutan dan lahan ini merupakan salah satu dampak dari kekeringan. Wilayah Manggarai Barat ini pun berada pada potensi sangat mudah terbakar.

Ia juga menyebut angin kencang dengan periode Juni, Juli, dan Agustus makin memperparah potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga: BPBD Sabu Raijua minta warga waspada karhutla
Baca juga: BPBD Lembata imbau masyarakat waspadai kebakaran hutan dan lahan


Oleh karena itu Sti mengingatkan warga untuk tidak membersihkan lahan atau membuka lahan baru dengan cara membakar.

Berbagai aktivitas seperti membakar sampah serta membuang puntung rokok juga harus diwaspadai karena adanya angin kencang saat ini.

"Kekeringan yang disertai angin kencang tentu menyebabkan kebakaran meluas pada area lain," katanya berpesan.

Lebih lanjut ia menjelaskan koordinasi telah dilakukan bersama pemangku kepentingan untuk penyebarluasan informasi peringatan kebakaran hutan dan lahan ini.

Informasi serupa juga bisa diakses mandiri oleh masyarakat dari akun resmi BMKG.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG ingatkan warga lima kecamatan di Manggarai Barat waspada karhutla