KKB menyerang kamp dan tembak pendulang di Yahukimo

id KKB,papua,kapolda papua

KKB menyerang kamp dan tembak pendulang di Yahukimo

Dokumentasi-Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat buka rakernis fungsi reserse narkoba dan reserse kriminal di Jayapura, Senin.  (ANTARA/HO/Humas Polda Papua)

...Memang benar ada laporan terkait pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap para pendulang di sekitar Kali Ik, Kabupaten Yahukimo, Senin (16/10)
Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan bahwa adanya laporan terkait penembakan terhadap para pendulang yang dilakukan KKB di kawasan Kali Ik, Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.
 
"Memang benar ada laporan terkait pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap para pendulang di sekitar Kali Ik, Kabupaten Yahukimo, Senin (16/10)," kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri seusai gelar pasukan di lapangan Brimob Polda Papua di Kotaraja, Selasa, (17/10/2023).
 
"Saya sudah perintahkan Kapolres Yahukimo agar berhitung yang tepat saat melakukan evakuasi agar tidak menimbulkan korban baru, " kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.
 
Dikatakan, dari laporan awal dilaporkan lima pendulang yang tewas ditembak.
 
Laporan itu diperoleh dari pendulang yang berhasil menyelamatkan diri dengan berlari dan tiba di pos Kolop.

Namun untuk kepastiannya berapa orang yang menjadi korban penembakan masih menunggu laporan dari Kapolres Yahukimo.

KKB yang melakukan penyerangan dan penembakan terhadap para pendulang adalah kelompok Nduga yang seringkali melakukan gangguan di wilayah Nduga, Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

Penyerangan terhadap pendulang itu agar KKB mendapat pasokan makanan dan dana.

"Para pendulang biasanya menyetok bahan makanan sehingga menjadi incaran KKB, selain merampas hasil pendulangan, " kata Kapolda Irjen Pol Fakhiri.

Untuk mencapai lokasi pendulangan di Kali Ik dapat ditempuh sekitar dua jam dari Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo dengan naik kendaraan dan berjalan sekitar satu kilometer.

Baca juga: Tim gabungan tangkap penyuplai bahan makanan ke KKB

Baca juga: Polisi evakuasi lima jenazah diduga KKB





 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolda Papua: KKB serang kamp dan tembak pendulang di Yahukimo