Warga Kupang diimbau jaga kesehatan selama kemarau

id NTT,kemarau,suhu udara panas,Warga Kabupaten Kupang jaga kesehatan selama kemarau,Warga Kabupaten Kupang jaga kesehatan

Warga Kupang diimbau jaga kesehatan selama kemarau

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur Robert Amaheka (ANTARA/Benny Jahang)

...Kondisi cuaca panas saat ini sangat rawan terhadap munculnya berbagai jenis penyakit menular, sehingga warga Kabupaten Kupang diminta untuk menjaga kesehatan secara baik, sehingga tidak mudah sakit
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengimbau warga setempat selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin serta makanan-makanan bergizi karena kondisi cuaca yang panas saat ini dapat memudahkan warga menjadi sakit.

"Kondisi cuaca panas saat ini sangat rawan terhadap munculnya berbagai jenis penyakit menular, sehingga warga Kabupaten Kupang diminta untuk menjaga kesehatan secara baik, sehingga tidak mudah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Robert Amaheka di Kupang, Jumat, (20/10/2023).

Ia mengatakan, suhu udara yang mencapai 32-34 derajat celsius di wilayah Kabupaten Kupang juga telah berdampak pada terjadinya kekurangan air bersih untuk kebutuhan konsumsi warga.

Dia mengatakan, Kondisi cuaca seperti yang terjadi saat ini sangat rawan terhadap munculnya penyakit menular seperti diare, flu maupun infeksi saluran pernafasan atas (Ispa).

Robert Amaheka mengatakan, warga Kabupaten Kupang juga untuk tetap mengonsumsi air minum yang cukup sehingga cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan baik selama musim kemarau.

Menurutnya, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan obat-obatan untuk mengantisipasi munculnya berbagai jenis penyakit menular yang menyerang warga Kabupaten Kupang sebagai dampak kekeringan.

Baca juga: BMKG prakirakan hari tanpa hujan kategori ekstrem panjang terjadi di NTT

"Obat-obatan sudah kami siapkan dan telah didistribusikan ke Puskesmas, sehingga apabila ada kasus yang terjadi di masyarakat bisa ditangani secara cepat," kata Robert Amheka.

Baca juga: BMKG ingatkan ancaman kekeringan Dasarian I dan II Oktober di NTT

Dia menambahkan dalam kondisi cuaca yang panas juga perlu istirahat yang cukup sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.