Uskup Agung Jakarta soroti stunting di misa Natal

id uskup agung jakarta,gereja katedral jakarta,pesan natal 2023

Uskup Agung Jakarta soroti stunting di misa Natal

Suasana pelaksanaan misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Senin (25/12/2023). (ANTARA/Asep Firmansyah)

...Seperlima anak-anak kita di bawah lima tahun mengalami kekurangan gizi dan akibatnya panjang, katanya
Jakarta (ANTARA) - Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyoroti masalah stunting di Indonesia saat menyampaikan pesan dalam misa Natal tahun 2023 di Gereja Katedral Jakarta, Senin, (25/12/2023).

"Seperlima anak-anak kita di bawah lima tahun mengalami kekurangan gizi dan akibatnya panjang," katanya.

Dia mengemukakan pentingnya kolaborasi untuk menanggulangi stunting, kondisi gagal tumbuh pada anak yang terjadi akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan kurang stimulasi.

Uskup Agung Jakarta mengajak umat Kristiani untuk membantu mengatasi kemiskinan ekstrem yang menjadi hulu dari stunting.

"Kita tidak boleh menutup mata terhadap realitas hidup yang ada di tengah-tengah kita. Moga-moga realitas ini terus mendorong kita untuk mencari jalan-jalan baru, bertumbuh menjadi Yesus-Yesus kecil yang peduli dan rajin berbuat baik, dan dengan demikian memancarkan kemuliaan Allah," katanya.

Uskup Agung Jakarta juga menyoroti banyaknya makanan yang terbuang. Menurut dia, nilai makanan yang terbuang mencapai Rp330 triliun setiap tahun.

"Dari satu pihak ada yang kekurangan makanan, di lain pihak ada yang membuat sampah makanan menjadi lebih banyak. Ada berbagai macam wilayah kehidupan yang lain. Kita harus terus merawat watak anugerah Tuhan yang namanya kepedulian dan bela rasa itu," katanya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga mengajak umat Kristiani untuk terus menebarkan nilai-nilai kebaikan tanpa mengenal batas.

Menurut dia, tema perayaan Natal 2023, "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi", memuat pesan bahwa hidup yang damai, rukun, dan tentram tidak hanya berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga hubungan antara sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam.

Baca juga:
Uskup Agung Jakarta ajak umat lebih peduli pada perayaan Natal
Dalam pesan Natal, Paus sesali perang "sia-sia di Tanah Suci"


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Uskup Agung Jakarta soroti masalah stunting dalam misa Natal