Penutupan Pulau Komodo tak ganggu pelaku parwisata

id Pulau Komodo

Sejumlah ranger mengawasi seekor komodo (varanus komodoensis) yang sedang berjalan di Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (29/11/2018). (ANTARA Foto/Kornelis Kaha).

Sejumlah pelaku pariwisata di Labuan Bajo mengaku tak merasa terganggu dengan wacana penutupan Pulau Komodo karena yang ditutup bukanlah Taman Nasional Komodo (TNK).
Kupang (ANTARA News NTT) - Sejumlah pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengaku tak merasa terganggu dengan wacana penutupan Pulau Komodo karena yang ditutup bukanlah Taman Nasional Komodo (TNK).

Manajer Nusa Flores Wisata Robert Waka yang dihubungi Antara dari Kupang, Kamis (7/2), mengatakan saat ini masih belum pasti rencana penutupan itu karena memang masih dalam kajian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Namun kalau ditutup pun tak terlalu menggangu usaha kami di sini (Labuan Bajo, red), karena hanya Pulau Komodo yang ditutup, bukan TNK-nya," ujar Robert.

Menurut dia, pihaknya tidak terlalu khawatir dengan rencana penutupan Pulau Komodo, karena kawasan wisata TNK sangat luar.

"Para wisatawan bisa bepergian dan berwisata ke Pulau Padar, Pulau Rinca, Pantai Pink serta kawasan wisata lainnya, karena TNK tidak hanya menyangkut Pulau Komodo semata," ujarnya.

"Kalau ingin melihat Komodo, bisa di Pulau Rinca karena lebih mudah melihatnya dan lebih banyak jumlahnya dibandingkan di Pulau Komodo yang jarang sekali ditemui," ujar dia.

Baca juga: Januari 2020 Pulau Komodo Ditutup

Menurut dia, yang menjadi masalahan saat ini jika sudah ada kapal wisata dengan jumlah ratusan orang yang sudah membeli paket wisata ke Pulau Komodo, yang memang menjadi ikon pariwisata NTT. "Mereka pasti akan merugi," ujarnya.

Sementara itu, pemilik kapal wisata KM Sipuliang L Bajo Alvian ketika dihubungi secara terpisah dari Kupang juga mengaku penutupan Pulau Komodo otomatis akan berdampak pada pemasukan para pelaku wisata di daerah itu.

Bagi dia, Pulau Komodo sebenarnya selalu menjadi incaran wisatawan mancanegara untuk berwisata. 
Jika ditutup maka hal ini akan menurunkan niat wisatawan berkunjung ke TNK dan pelaku wisata merugi.

Tak hanya itu, penutupan Pulau Komodo juga akan berpengaruh bagi masyarakat yang selama ini berjualan di pulau itu. "Kalau ditutup mereka akan jualan di mana," katanya dalam nada tanya.

Baca juga: Menteri LHK setuju penutupan Pulau Komodo
Baca juga: Pentupan Pulau Komodo untuk konservasi Flora & Fauna
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar