Badan Geologi rekam kejadian gempa tremor menerus di Gunung Ile Lewotolok

id badan geologi, pvmbg, erupsi, gunung api, ile lewotolok, flores, lembata, ntt, erupsi ntt, abu vulkanik, siaga bencana

Badan Geologi rekam kejadian gempa tremor menerus di Gunung Ile Lewotolok

Visual Gunung Ile Lewotolok di Lembata, NTT, Senin (20/5/2024). (ANTARA/HO-Badan Geologi)

...Itu karena adanya leleran lava, kata Pengamat Gunung Api Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian ketika dihubungi dari Kupang, Senin, (20/5/2024)
Kupang (ANTARA) -
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekam kejadian gempa tremor menerus yang terjadi pada Gunung Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Itu karena adanya leleran lava," kata Pengamat Gunung Api Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian ketika dihubungi dari Kupang, Senin, (20/5/2024).

Tremor menerus terjadi karena kegiatan vulkanik berupa gerakan magma atau leleran lava.
 
Rekaman tremor menerus pada Gunung Ile Lewotolok terjadi sejak adanya aliran lava ke arah baru, yakni sektor barat.
 
Badan Geologi juga mencatat gempa tremor menerus itu terjadi sejak 14 Mei 2024.
 
Stanislaus mengatakan aliran lava baru ke sektoral barat itu kini telah mencapai jarak 1,2 km.
 
Berdasarkan evaluasi Badan Geologi dari hasil pengamatan periode 8-15 Mei 2024, aktivitas erupsi gunung terbilang tinggi. Tingkat aktivitas gunung itu juga masih dipertahankan pada level III atau Siaga dengan beberapa rekomendasi.
 
Berkaitan dengan potensi ancaman atau guguran lava, Badan Geologi meminta masyarakat, pengunjung dan wisatawan tidak memasuki dan melakukan aktivitas sejauh tiga kilometer masing-masing dalam wilayah sektoral selatan, tenggara, dan barat.
 
Masyarakat diingatkan indikasi masih adanya peningkatan tekanan atau stres pada tubuh gunung itu yang berkaitan dengan suplai fluida magmatik dangkal dan dalam.
 
Untuk itu, Badan Geologi berharap masyarakat tidak memasuki dan melakukan aktivitas dalam radius wilayah yang telah ditentukan. "Waspadai potensi ancaman bahaya guguran lava dan awan panas," ucap Stanislaus.

Baca juga: Aktivitas erupsi Gunung Ile Lewotolok masih tinggi

Baca juga: Menhan Prabowo monitor percepatan penanganan banjir lahar dingin Gunung Marapi
Baca juga: Badan Geologi catat jarak aliran lava Ile Lewotolok mencapai 1,2 km


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Badan Geologi rekam kejadian gempa tremor menerus Gunung Ile Lewotolok