Gempa M 4,9 guncang Tambolaka, SBD

id gemoa sbd,gempa sumba,bmkg

Gempa M 4,9 guncang Tambolaka, SBD

Pengumuman gempa oleh BMKG melalui media sosial, Senin (26/8/2024). (ANTARA/Aris Wasita)

...Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tambolaka III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).  
Kupang (ANTARA) - Gempa magnitudo 4,9 dilaporkan menguncang wilayah Tambolaka, Sumba Barat Daya pada Selasa, pukul 10.40.39 WITA.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 9,55° LS; 118,59° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 km barat laut Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 19 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempabumi memiliki mekanisme sesar mendatar (strike-slip).

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tambolaka III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).
 
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 


Baca juga: Gempa 5,3 magnitudo guncang Sumba Barat
Baca juga: BMKG: Gempa bumi M5,1 di Kabupaten Kupang tak berpotensi tsunami