Sumba Timur miliki 162 objek wisata

id Sumba

Sumba Timur miliki 162 objek wisata

Salah satu perkampungan adat di Sumba Timur, NTT yang menjadi objek wisata menarik bagi para wisatawan. (ANTARA Foto/dok)

Kabupaten Sumba Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki 162 objek wisata yang dapat disuguhkan kepada wisatawan yang berkunjung ke ujung timur Pulau Sumba itu.
Waingapu (ANTARA News NTT) - Kabupaten Sumba Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki 162 objek wisata yang dapat disuguhkan kepada wisatawan yang berkunjung ke ujung timur Pulau Sumba itu.

"Kami mencatat ada sekitar 162 objek wisata, baik objek wisata pantai, air terjun, kampung adat, serta kuburan raksasa para raja dan megalitikum," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur Risparia Ranggambani kepada wartawan di Waingapu, Sabtu (2/3).

Ia mengatakan, wilayah setempat memiliki banyak kekayaan objek wisata meskipun banyak di antaranya masih sulit dikunjungi wisatawan karena akses infrastruktur pendukung yang masih terbatas.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah secara bertahap membuka akses menuju objek-objek wisata terutama berupa pembangunan jalan maupun jembatan.

Risparia menybeutkan ada beberapa objek wisata yang sudah populer di kalangan masyarakat domestik maupun mancanegara seperti Perbukitan Wairinding, Pantai Tarimbang, Pantai Walakiri, dan Kampung Adat Praiawang.

Baca juga: Perbukitan Wairinding jadi wisata andalan Sumba Timur

"Seperti di Pantai Tarimbang itu banyak dikunjungi peselancar kelas dunia karena objek wisata ini memiliki ombak laut yang sangat menantang," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah terus mempromosikan berbagai objek wisata ini untuk meningkatkan daya tarik wisata agar berkunjung ke daerah setempat, baik promosi melalui website resmi pemerintah, mengikuti pameran, maupun pelaksanaan festival.

Risparia menambahkan, pariwisata Sumba Timur juga semakin populer karena memiliki branding yang kuat seperti tenun ikat Sumba dengan berbagai corak dan motif serta kuda sandelwood.

"Branding ini juga ditonjolkan melalui festival tenun ikat Sumba dan prade 1001 kuda sandelwood yang digelar setiap tahun di Pulau Sumba," katanya.

Baca juga: Akan digelar napak tilas Pasola di Sumba Barat
Baca juga: Ratusan kuda ramaikan Festival Pasola di Sumba Barat