Perbukitan Wairinding jadi wisata andalan Sumba Timur

id Bukit

Perbukitan Wairinding jadi wisata andalan Sumba Timur

Bukti Wairinding di Sumba Timur telah dipoles menjadi sebuah objek wisata yang menarik bagi para wisatawan. (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)

"Perbukitan Wairinding yang biasa kami sebut wisata seribu bukit ini menjadi objek wisata kebanggaan kami, jadi andalan bagi pariwisata Sumba Timur," kata Risparia Ranggambani.
Waingapu (ANTARA) - Wilayah perbukitan Wairinding di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai telah dipoles menjadi sebuah objek wisata yang menarik dan andalan bagi masyarakat Sumba Timur di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

"Perbukitan Wairinding yang biasa kami sebut wisata seribu bukit ini menjadi objek wisata kebanggaan kami, jadi andalan bagi pariwisata Sumba Timur," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur Risparia Ranggambani kepada wartawan di Waingapu, Sumba Timur, Jumat (1/3).

Ia menjelaskan, objek wisata yang menonjolkan keindahan gugusan bukit-bukit yang hijau ini sangat mudah dijangkau wisatawan yang datang ke Kota Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur dengan menempuh jarak sekitar 25 kilometer.

"Orang-orang yang melakukan perjalanan dari Waingapu ke arah Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat juga dengan mudah mampir karena letaknya dekat dengan jalan utama," katanya.

Selama ini, kata dia, objek wisata ini sudah sering dikunjungi wisatawan domestik maupun asing, dari kalangan masyarakat umum, pejabat, maupun selebritis.

Perbukitan Wairinding, lanjutnya, juga sempat menjadi lokasi pembuatan film Indonesia berjudul Pendekar Tongkat Emas yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah.

Baca juga: Gubernur tetapkan Pasola sebagai agenda pariwisata tahunan

Lebih lanjut, Risparia mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata tersebut, karena belum dikelola secara resmi oleh pemerintah.

"Jadi setiap pengunjung yang datang ke sini menikmatinya secara gratis, ke depan akan ditata sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah," katanya.

Menurutnya, keberadaan objek wisata ini juga memberikan manfaat sebagai sumber pendapatan warga sekitar seperti menyediakan layanan penyewaan tenun ikat, ternak kuda untuk ditunggangi pengunjung, maupun penjualan makanan ringan.

Ia menambahkan, wisata Perbukitan Wairinding sudah mulai populer selama empat tahun terakhir dan hingga saat ini menjadi salah satu referensi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumba Timur.

Baca juga: Gubernur optimistis Pasola 2020 akan dihadiri 5.000 pengunjung
Baca juga: Pasola Wanokaka saat ini merupakan yang terlama