Peserta UN-USBN Capai 74.362 Orang

id UN

 Peserta UN-USBN Capai 74.362 Orang

Aloysius Min, Sekretaris Dinas Pendidikan dan kebudayaan NTT

"Jumlah tersebut kemungkinan bertambah terus, karena kami masih menunggu penetapan dari pemerintah pusat," kata Aloysius Min.
Kupang (Antara NTT) - Jumlah peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) khusus SMA/SMK sederajat di provinsi Nusa Tenggara Timur mencapai 74.362 peserta.

"Jumlah tersebut kemungkinan bertambah terus, karena kami masih menunggu penetapan dari pemerintah pusat," kata Sekretaris Dinas Pendidikan NTT Aloysius Min di Kupang, Rabu.

Aloysius Min menjelaskan, jumlah tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk peserta dari SMA jumlahnya mencapai 56.560 peserta, sementara untuk peserta dari SMK berjumlah 17.802 peserta yang tersebar di seluruh NTT.

"Kemungkinan dalam beberapa hari kedepan Jakarta akan mengunci jumlah peserta yang mengikuti ujian ini," tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pada saat USBN nanti sekolah diberikan kewenangan untuk menyediakan 75 persen bahan dan soal ujian USBN untuk tahun pelajaran 2017 ini.

"Untuk sisa 25 persen soalnya disediakan oleh pusat dan naskah itu sudah tersedia di dinas dan akan menjadi rujukan penyediaan naskah oleh sekolah," tambahnya.

Menurut dia secara nasional, USBN tetap menjadi kewenangan sekolah penyelenggara termasuk penyediaan naskah soalnya, namun tetap akan didampingi oleh naskah soal yang disusun secara nasional dan berlaku secara nasional.

"Karena itulah persentasi kewenangan sekolah untuk penyusunan soal diberikan lebih bersar sebanyak 75 persen dan sisanya 25 persen disediakan secara nasional," katanya.