RS Tentara Wirasakti Kupang naik type

id rumah sakit tentara

RS Tentara Wirasakti Kupang naik type

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) mendapatkan penjelasan seputar RS Tentara Wirasakti Kupang dari Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah Kupang Letkol Ckm Imanuel Purba (kiri) saat melakukan kunjungan kerja di Kupang, NTT, Rabu (10/12/19). Kedatangan KSAD ke RS tersebut dalam rangka meninjau RS TNI AD yang menurut rencana akan direnovasi karena akan mengalami kenaikan tipe dari semula tingkat 4 naik menjadi tingkat 3. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).

"Rumah sakit ini segera mengalami kenaikan tipe yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 nanti," Letkol Ckm Imanuel Purba.
Kupang (ANTARA) - Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang, Nusa Tenggara Timur akan mengalami kenaikan type dari tingkat empat menjadi tingkat tiga pada 2020 mendatang, kata Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah Kupang Korem 161/Wirasakti Kupang, Letkol Ckm Imanuel Purba, Rabu (11/12)..

"Rumah sakit ini segera mengalami kenaikan tipe yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 nanti, namun masih dalam pembahasan bersamaan dengan kedatangan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa untuk meninjau kondisi rumah sakit ini," katanya kepada wartawan.

Ia mengatakan dalam kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, pihaknya memaparkan semua hal yang berkaitan dengan RS tersebut.

Bahkan untuk menunjang peningkatan tipe RS TNI AD tersebut, akan ada beberapa ruangan RS tersebut yang akan direnovasi dan direncanakan akan dilakukan juga antara tahun 2020 atau 2021.

"Untuk renovasinya rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 atau 2021, dan tadi memang sempat dibahas dengan pak KSAD Jenderal Andika," ujar dia.

Terkait peningkatan tipe RS Wirasakti Kupang, kata dia, sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa RST Wirasakti layak untuk berapa pada tipe C.
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (kedua kiri) didampingi istrinya berbincang-bicang dengan Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah Kupang Letkol Ckm Imanuel Purba saat melakukan kunjungan kerja ke RS Tentara Wirasakti Kupang, NTT, Rabu (11/12/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).
Dalam kesempatan tersebut, KSAD jenderal Andika Perkasa juga mengharapkan agar sejumlah prajurit TNI serta PNS yang bekerja di RS tersebut harus bisa bekerja bagi masyarakat.

"Tadi komandan berpesan agar prajurit TNI harus berguna bagi masyarakat, hal itu karena hadirnya TNI karena adanya masyarakat," ujar dia.

Dalam kunjungan kerjanya di hari ketiga Kasad juga menyempat diri menyambangi sejumlah pasien yang dirawat di RS tersebut, dan sempat berbincang-bincang dengan pasien.

Kasad bersama istri Hetty Andika Perkasa juga menyapa sejumlah warga yang mengikuti acara bakti sosial TNI AD di RS tersebut, dan memberikan sejumlah bingkisan kepada anak-anak yang ditemui di RS tersebut.

KSAD Jenderal Andika
KSAD Jenderal Andika Perkasa dalam kunjungan kerjanya di NTT, juga menyempatkan diri berkunjung ke RS Tentara Wirasakti di Bilangan Fontein Kupang.

Jenderal Andika sempat berbincang-bincang dengan sejumlah pasien yang lebih banyak didominasi oleh keluarga dari anggota TNI-AD itu.

Beberapa di antaranya berharap agar RS tersebut diperbaiki dan ditingkatkan pelayanannya sehingga pasien yang sakit bisa lebih nyaman berobat di RS tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderak Andika dan istrinya Dyah Erwiany juga memberikan santunan kepada keluarga dan anggota TNI yang dirawat di RS tersebut.
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kedua kanan) didamping istri Diah Erwiany (kiri) menyapa seorang pasien yang sedang berobat di RS Tentara Wirasakti, Kupang, NTT, Rabu (11/12/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/hp).
Tak hanya itu, santunan serta bingkisan juga diberikan kepada warga di Kota Kupang yang menjalani khitanan secara gratis di RS tersebut yang digelar oleh Korem 161/Wirasakti jelang peringatan hari Juang Kartika.

Jenderal berbintang empat itu juga menyempatkan diri bercengkrama dengan sejumlah dokter dan perawat yang bekerja di RS Tentara tersebut dan ia menyampaikan terima kasih.

"Terima kasih ya, sudah membantu di RS ini. Makasih banyak," ujar jenderak Andika Perkasa didampingi istrinya yang juga adalah Ketua Umum Persit.

Mantan Komandan Paspampres itu juga menyapa warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di RS tersebut.

"Ibu sakit apa, jaga kesehatan ya apalagi sekarang sudah musim hujan," tuturnya sambil merangkul seorang wanita paruh baya yang mengaku sesak napas.

Sebelum mengakhiri kunjungan kerjanya di Kupang, Jenderal Andika juga sudah sempat melakukan peninjauan terhadap lokasi pembangunan Yonarmed dan Yonarhanud di Kabupaten Kupang pada Senin (9/12).

Di hari keduanya yakni pada Selasa (10/12), Jenderal Andika meninjau sekaligus meresmikan Kodim 1629/Sumba Barat Daya serta Kompi Kavaleri Komodo di ujung barat daya Pulau Sumba itu.

Jenderal Andika sendiri ketika dimintai keterangan seputar kunjungannya enggan untuk memberikan keterangan seputar kunjungan kerjanya selama tiga hari di provinsi berbasis kepulauan itu.
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD ) Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) didampinginya istri Diah Erwiany (tengah) menjeguk istri seorang anggota TNI AD yang sakit dan dirawat di RS Tentara Wirasakti, Kupang, NTT, Rabu (11/12/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/hp).