Puncak Waringin Labuan Bajo akan dikelola Perumda Bidadari

id NTT,Manggarai Barat,Labuan Bajo,Dinas Pariwisata Manggarai Barat,Puncak Waringin,Permuda Bidadari

Puncak Waringin Labuan Bajo akan dikelola Perumda Bidadari

Kawasan Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/HO-Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR)

Pemerintah daerah sudah memiliki perda berkaitan dengan BUMD dan direkturnya telah dilantik
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Agustinus Rinus, mengatakan kawasan wisata Puncak Waringin di kota Labuan Bajo yang hampir tuntas dibangun selanjutnya akan dikelola pemerintah daerah melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari.

"Pemerintah daerah sudah sepakat bahwa pengelolaan Puncak Waringin diserahkan kepada Perumda Bidadari," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu, (20/2).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan pengelolaan Puncak Waringin sebagai salah satu kawasan wisata yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam program penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.

Proyek pembangunan kawasan Puncak Waringin yang dikerjakan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR sudah mencapai 98 persen.

Proyek yang dibangun sejak 2020 dikerjakan dengan dukungan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBDN) senilai Rp20,01 miliar.

Agustinus mengatakan proyek Puncak Waringin sudah dibangun dengan baik dan selanjutnya akan dikelola melalui Permuda Bidadari.

"Kebetulan pemerintah daerah sudah memiliki peraturan daerah berkaitan dengan badan usaha milik daerah (BUMD) dan direkturnya telah dilantik," katanya.

Ia menambahkan dalam konsep pemanfaatan creative hub kawasan Puncak Waringin akan dilakukan dengan kolaborasi berbagai stakeholder.

Baca juga: Kusumastuti: Lingkungan sangat diperhatikan dalam penataan Labuan Bajo

Baca juga: BOPLBF gali potensi wisata istana ular di Manggarai Barat


Diharapkan Puncak Waringin menjadi tempat pertukaran ide-ide kreatif untuk kemajuan pembangunan di daerah, kata Agustinus.