Daya cengkeram ban belakang jadi masalah utama Rossi

id motogp,grand prix doha,valentino rossi

Daya cengkeram ban belakang  jadi masalah utama Rossi

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi di Grand Prix Doha, SIrkuit Losail, Qatar. (3/4/2021) (HO via Petronas SRT)

Kami akan mencoba membuat sejumlah perubahan dan melihat apa yang akan terjadi
Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi pada babak kualifikasi Grand Prix Doha di Qatar, Sabtu, masih dihantui masalah daya cengkeram ban belakang yang akhir pekan ini membuat sang juara dunia sembilan kali bakal start dari P21 yang merupakan posisi terburuk selama kariernya dalam MotoGP.

Pebalap veteran yang kini memperkuat tim Petronas Yamaha SRT itu sadar bahwa mustahil baginya lolos ke babak Kualifikasi 2 (Q2) setelah menyelesaikan sesi latihan bebas kedua di luar posisi sepuluh besar.

Kendati kondisi trek yang tak bersahabat pada sesi latihan ketiga, Rossi finis P9 dengan catatan 1:56,718, tapi pada babak kualifikasi dia terganjal masalah grip ban belakang yang menghalanginya menyintas Q1 dan berakhir dengan P21 setelah mencetak waktu 1:54,881.

"Hari ini sangat sulit karena kami sangat kewalahan dengan ban belakang. Dibandingkan dengan pekan lalu kami mencoba memodifikasi setting dan juga sejumlah elektronik, tapi saya kehilangan performa di kualifikasi dan tidak cukup cepat," kata Rossi dikutip laman resmi tim.

"Kami juga tidak mampu memperbaiki diri dan kami menempatkan terlalu banyak tekanan pada ban belakang. Tujuan kami adalah lebih konsisten dengan kecepatan kami menjelang balapan, tapi kami memiliki masalah yang sama setelah menyelesaikan beberapa putaran."

"Kami memiliki satu kesempatan lagi dalam pemanasan besok untuk mencoba sesuatu, tapi kami tahu start dari belakang akan sulit. Kami akan mencoba membuat sejumlah perubahan dan melihat apa yang akan terjadi."

Rossi mengalami masalah serupa ketika mengawali Grand Prix Qatar yang juga digelar di Sirkuit Losail akhir pekan lalu dari P4, tetapi finis P12 dalam seri pembuka musim 2021.

Baca juga: Miller pimpin serbuan Trio Ducati kuasai FP2 Grand Prix Doha

Baca juga: Motogp - Vinales berusaha jaga momentum MotoGP di Sirkuit Losail


Sedangkan rekan satu timnya, Franco Morbidelli, akan start dari baris keempat di P10 setelah sempat mendapati motor Yamaha M1-nya mengeluarkan asap tebal dari knalpotnya ketika sesi latihan bebas, Jumat.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar