Bantuan Benih Mulai Disalurkan

id Benih

Bantuan Benih Mulai Disalurkan

Bantuan benih jagung untuk para petani di Nusa Tenggara Timur sedang dalam proses distribusi

"Untuk bantuan benih jagung, sedang dalam proses distribusi ke kelompok-kelompok petani oleh pemerintah kabupaten," kata Yohanis Tay Ruba.
Kupang (Antara NTT) - Kepala Dinas Pertanian Nusa Tenggara Timur Yohanis Tay Ruba mengatakan bantuan benih jagung yang disiapkan melalui APBD dan APBN sudah mulai disalurkan kepada para petani di daerah ini.

"Untuk bantuan benih jagung, sedang dalam proses distribusi ke kelompok-kelompok petani oleh pemerintah kabupaten," kata Yohanis kepada Antara di Kupang, Senin, berkaitan dengan keluhan para petani di daerah-daerah yang kesulitan memperoleh benih untuk ditanam pada musim tanam 2017/2018 ini.

Menurut dia, benih bantuan yang diperoleh, baik melalui dana APBD NTT maupun APBN semuanya langsung dikirim ke kabupaten-kabupaten sesuai dengan permintaan.

"Pemerintah kabupaten setelah menerima bantuan benih, langsung meneruskan kepada petugas penyuluh lapangan (PPL) di desa untuk disalurkan kepada kelompok penerima yang sudah ditetapkan," katanya.

Mengenai kelompok dia mengatakan, PPL yang melakukan pendaftaran terhadap kelompok tani dan petani sebagai calon petani dan calon lokasi.

PPL kemudian mengusulkan ke dinas pertanian kabupaten untuk ditetapkan dalam daftar calon petani dan calon lokasi, selanjutnya mereka lah yang nantinya sebagai penerima bantuan benih tersebut.

"Calon petani dan calon loksi sudah diproses pada bulan Mei-September yang lalu. Saat ini sedang distribusi benih ke kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan," katanya.

Dia mengatakan, akan berkoordinasi dengan dinas pertanian di daerah untuk mengecek perkembangan penyaluran benih di lapangan.