SAR lakukan evakuasi medis terhadap turis Jerman

id turis

SAR lakukan evakuasi medis terhadap turis Jerman

Tim SAR Kupang melakukan evakuasi medis terhadap Niederpurem Karl (tertidur), wisatawan asal Jerman yang terkena stroke ringan saat dalam perjalanan dengan sebuah kapal pesiar dari Australia menuju Labuan Bajo, Minggu (31/12). (Foto ANTARA/Kornelis K

Kantor SAR Kupang melakukan evakuasi medis terhadap Niederpurem Karl, wisatawan asal Jerman yang tiba-tiba menderita sakit saat sedang berwisata dengan kapal pesiar Aidacara dari Australia menuju Labuan Bajo.
Kupang (Antaranews NTT) - Kantor SAR Kupang melakukan evakuasi medis terhadap Niederpurem Karl, wisatawan asal Jerman yang tiba-tiba menderita sakit saat sedang berwisata dengan kapal pesiar Aidacara dari Australia menuju Labuan Bajo.

"Kami dapat informasi pukul 09.00 WITA pagi. Setelah itu kami janjian untuk bertemu di titik koordinat yang telah disepakati baru kemudian kami berangkat," kata Kepala SAR Kupang Abram Benyamin Kolimon kepada wartawan saat ditemui di Pelabuhan Tenau Kupang. Minggu.

Ia menjelaskan pasca-menerima informasi dan sepakat untuk lokasi penjemputan pukul 14.30 WITA personel SAR Kupang dipimpin oleh Kepala SAR Kupang langsung bertolak ke lokasi penjemputan di Teluk Kupang menggunakan KM Antareja.

Selang 35 menit kemudian KM SAR Antareja berhasil merapat ke Kapal Bridge Aidacara dan melakukan proses pemindahan penumpang yang sakit menuju Pelabuhan Tenau Kupang.

Abram menjelaskan bahwa warga negara asing asal Jerman tersebut mengalami stroke ringan,  sehingga pihaknya segera melakukan penjemputan untuk mengantarnya ke RS Siloam Kupang.

"Sebelumnya juga tim dokter di kapal pesiar itu sudah melakukan pertolongan pertama. Kita juga membawa dokter dari SAR Kupang. Tadi juga sudah diberikan surat keterangan medisnya," tambahnya.

Karl yang ditemani oleh istrinya tersebut merasa bahagia karena bisa tertolong dengan adanya bantuan dari SAR Kupang yang dengan sigap melakukan penjemputan.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah Indonesia khususnya SAR Kupang yang telah membantu kami," ujar Karl.

Lebih lanjut Abram menambahkan terkait pembiayaan rumah sakit ditanggung sendiri oleh Karl serta pihak asuransi dari negaranya. Sementara kapal Aidacara yang ditumpangi mereka kembali melakukan pelayarannya ke Labuan Bajo.