Benih Lele untuk Kampung KB

id Lele

Benih ikan lele (ANTARA Foto)

Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kupang menyiapkan bantuan berupa 135.000 benih ikan lele untuk masyarakat tidak mampu di empat Kampung Keluarga Berencana (KB) yang ada di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.
Kupang (AntaraNews NTT) - Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kupang menyiapkan bantuan berupa 135.000 benih ikan lele untuk masyarakat tidak mampu di empat Kampung Keluarga Berencana (KB) yang ada di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini. 

"Kami siapkan benih ikan lele untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat di empat kecamatan yang menjadi lokasi program Kampung KB di Kota Kupang," kata Kepala Dinas Perikanan dana Kelautan Kota Kupang Orson Nawa kepada wartawan di Kupang, Sabtu. 

Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan dukungan dari Dinas Perikanan dan Kelautan dalam menyukseskan program Kampung KB di wilayah Kecamatan Kelapa Lima, Maulafa, Kota Raja, dan Alak. 

Bantuan yang diberikan, menurut dia, dalam bentuk benih ikan lele serta pakan ikan bagi masyarakat tidak mampu demi mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. 

"Kami memberikan bantuan benih ikan lele secara gratis sehingga masyarakat bisa mengembangkan usahanya secara mandiri. Usaha ikan lele tidak membutuhkan lahan besar namun menjadi usaha rumah tangga yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk mendukung ketahahan pangan rumah tangga menjadi lebih mapan," kata Orson. 

Ia mengatakan, bantuan benih ikan lele menjadi salah satu upaya daerah ini dalam mengatasi kasus gizi buruk yang sering mendera masyarakat berpenghasilan rendah yang bermukim di wilayah pesisir pantai Kota Kupang. 

"Kami memberikan bantuan benih ikan lele sehingga masyarakat memiliki penghasilan tambahan karena prospek usaha ikan lele semakin menjanjikan di kota ini dengan harga satuan Rp35.000/kg," katanya.  

Menurut dia, kasus gizi buruk yang terjadi selama ini karena ketahanan pangan masyarakat yang belum memadai sehingga melalui bantuan benih ikan ini bisa membantu warga karena usaha ikan lele tidak membutuhkan waktu lama.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar