Kabupaten Kupang berpotensi jadi pusat agrowisata

id NTT,usaha agrowisata,agrowisata di kabupaten kupang

Kabupaten Kupang berpotensi jadi pusat agrowisata

Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ny. Julie Sutrisno Laiskodat saat memanen sayur brokoli i Desa, Kotabes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang. (ANTARA/ Benny Jahang)

...Pengembangan usaha agrowisata ini sangat mendukung pengembangan usaga pariwisata di Kabupaten Kupang yang memiliki banyak potensi wisata unggulan
Kupang (ANTARA) - Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ny. Julie Sutrisno Laiskodat menyatakan wilayah Kabupaten Kupang berpotensi ditetapkan sebagai pusat pengembangan usaha agrowisata di NTT.

"Agrowisata merupakan keunggulan yang harus diberdayakan secara maksimal di Kabupaten Kupang karena potensi hasil pertanianya sangat besar yang mampu mendukung pembangunan sektor pariwisata di NTT," kata Ny.Julie Sutrisno Laiskodat saat panen perdana kebun agrowisata hasil usaha petani di Desa, Kotabes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Selasa, (7/9).

Dia mengatakan potensi agrowisata merupakan keunggulan yang harus diberdayakan secara maksimal, sehingga semua kecamatan di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu memiliki lokasi agrowisata untuk mengeliatkan ekonomi warga ditengah pandemi COVID-19.

"Kabupaten Kupang memiliki 24 kecamatan, jadi setiap kecamatan harus ada agrowisata seperti di Amarasi. Ini tugas dan tanggungjawab pak Bupati sebelum akhir masa periode berakhir,” ujar istri Gubernur NTT itu.

Julie Sutrino Laiskodat yang juga sebagai anggota DPR-RI dari Partai Nasdem mengatakan kawasan yang menjadi lokasi agrowisata harus didesain dengan sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung.

"Apabila banyak yang datang maka secara ekonomi petani mengalami keuntungan. Pendapatan petani meningkat dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik," kata Julie Sutrino Laiskodat.

Julie Sutrino Laiskodat mengapresiasi terhadap para petani di Amarasi yang memiliki inovasi sehingga lokasi agrowisata seluas empat haktare di Kecamatan Amarasi dipenuhi berbagai aneka hasil pertanian.

Ia mengatakan banyak inovasi dalam pembangunan pertanian dilakukan petani daerah ini sehingga pembangunan agrowisata menjadi sukses di Amarasi.

"Kami mengapresiasi terhadai inovasi dilakukan petani sehingga mampu membangun kawasan agrowisata dengan sukses," kata Julie Sutrino Laiskodat didampingi Bupati Kupang, Korinus Masneno.
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ny. Julie Sutrisno Laiskodat saat berbincang dengan Bupati Kupang, Korinus Masneno (kanan) di lokasi agrowisata milik petani di Desa, Kotabes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang. (ANTARA/ Benny Jahang)


Dia mendorong para petani di Kabupaten Kupang untuk menggunakan media sosial untuk memasarkan hasil usaha pertanian ditengah pandemi COVID-19 sehingga lebih mudah.

Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam kesempatan itu mengatakan wilayah Amarasi merupakan daerah yang sangat potensial untuk pengembangan agrowisata karena wilayahnya sangat subur dan memiliki banyak obyek wisata alam.

"Pengembangan usaha agrowisata ini sangat mendukung pengembangan usaga pariwisata di Kabupaten Kupang yang memiliki banyak potensi wisata unggulan,"tegas Korinus Masneno.

Baca juga: Pemkab Kupang mulai data kawasan permukiman kumuh

Baca juga: Dishub Kupang dorong perusahaan angkutan bentuk badan Hukum