Tiongkok minati produk gurita beku dari NTT

id Gurita

.Nusa Tenggara Timur untuk pertama kalinya ekspor gurita beku ke Negeri Tirai Bambu, Republik Rakyat Tiongkok (ANTARA Foto/dok)

Tiongkok mulai meminati komoditas gurita beku dari Nusa Tenggara Timur dengan permintaan ekspor sebanyak 15,8 ton pada Februari 2018.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kelas I Kupang Jimmy Elwaren mengatakan Tiongkok mulai meminati komoditas gurita beku dari Nusa Tenggara Timur dengan permintaan ekspor sebanyak 15,8 ton pada Februari 2018.

"Komoditas gurita beku merupakan satu-satunya produk perikanan yang diminta negara Tiongkok dengan jumlah yang diekspor pada Februari 2018 sekitar 15,8 ton," kata Jimmy Elwaren saat dihubungi Antara di Kupang, Selasa.

KIPM Kupang mencatat, nilai ekspor komoditas gurita beku yang dikirim ke negeri Tirai Bambu itu mencapai sekitar 30.419 dolar AS. Permintaan produk komoditas gurita beku dari negeri Tiongkok itu untuk pertama kalinya dalam tahun 2018.

"Jenis komoditi yang diminta juga masih hanya untuk gurita beku dengan frekuensi satu kali pengiriman," katanya.

Dalam catatan KIPM Kupang, selama dua tahun terkahir (2016 hingga 2017), tidak ada permintaan produk perikanan dari Nusa Tenggara Timur yang masuk ke negeri Tirai Bambu itu.

Ia menjelaskan dari sejumlah negara tujuan ekspor pada Februari 2018, hanya Tiongkok yang berminat mengimpor produk gurita beku dari NTT.

Jimmy mengatakan, adapun ekspor pada Februari dilakukan ke sejumlah negara selain Tiongkok di antaranya, Timor Leste, Brunei Darusalam, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Jepang.

Ia menyebut, sejumlah komoditi dominan yang diekspor yaitu ikan anggoli, kakap, tuna loin, dan ikan kering dengan frekuensi ekspor terbanyak yaitu produk ikan kering ke Timor Leste mencapai 17 kali, dengan nilai ekspor seluruhnya sekitar Rp84,717 miliar.

Manfaat gurita
Gurita adalah hewan laut yang memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia, bahkan di Jepang, daging gurita disantap selagi otot tubuhnya masih beraksi.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya memang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh karena daging gurita memiliki banyak kandungan zat besi.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan tubuh, menu diet yang aman karena hanya memiliki lemak 1,8 gram dan kalori hanya 140, aman bagi pengidap kolestrol.

Daging gurita juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, karena zat taurin di dalam daging gurita mampu bekerja sebagai control untuk jantung, serta meningkatkan fungsi hati karena pada daging gurita terdapat juga zat yang melawan virus hepatitis.

Daging gurita juga dapat menguatkan tulang, karena memiliki kalsium yang sangat tinggi, nutrisi yang bagus untuk perkembangan otak, mengurangi risiko penyakit kanker, menyehatkan mata serta mengurangi tekanan darah tinggi.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar