Program relaksasi PPnBM dongkrak penjualan mobil

id NTT,keringanan pajak,mobil suzuki di NTT,Ppnbm

Program relaksasi PPnBM dongkrak penjualan mobil

Branch Manager PT Surya Batara Mahkota (SBM), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur,Theo Pareira (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

...Dampak program PPnBM terhadap penjualan kendaraan Suzuki di NTT sangat besar
Kupang (ANTARA) - Branch Manager PT Surya Batara Mahkota (SBM), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur,Theo Pareira mengatakan program perluasan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditangung Pemerintah (PPnBM-DPT) bagi kendaraan bermotor roda empat mendapat pada peningkatan penjualan kendaraan di NT hingga menembus 120 unit.

"Dampak program PPnBM terhadap penjualan kendaraan Suzuki di NTT sangat besar. Hal itu terlihat dengan terjualnya 120 unit kendaraan selama tahun 2021 yang masuk dalam program PPnBM," kata Branch Manager PT Surya Batara Mahkota (SBM), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur,Theo Pareira dalam kegiatan Suzuki Fiesta bertema Semangat Rezeki Akhir Tahun (Semarak) di Kupang, Senin, (15/11).

Theo Pareira mengatakan hal itu terkait dampak program relaksasi PPnBM terhadap penjualan kendaraan roda empat di NTT.

Pemerintah telah memutuskan untuk memberikan insentif bagi pembelian KBM-R4 dengan kapasitas slinder mesin 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc.

Menurut dia sejak pemerintah menerapkan kebijakan relaksasi pajak penjualan kendaraan bermotor khususnya roda empat berdampak para penjualan kendaraan Suzuki di NTT yang terus meningkat terutama jenis kendaraan pick-up.

Dia menjelaskan dengan terjualnya 120 unit kendaraan rodak empat itu pada masa pandemi COVID-19 merupakan sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi masyarakat di provinsi berbasis kepulauan sudah mulai bertubuh.

"Dampaknya pada usaha otomotif yang juga mulai bergerak naik dan pembelian kendaraan terus bertambah karena program relaksasi PPnBM hingga Desember 2021," tegasnya.

Dia menambahkan untuk PT Surya Batara Mahkota (SBM) Kupang selaku dealer resmi Suzuki di NTT menggelar kegiatan Suzuki Fiesta bertema Semangat Rezeki Akhir Tahun (Semarak) mulai 15-19 November 2021.
PT Surya Batara Mahkota (SBM), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengelar kegiatan Suzuki Fiesta bertema Semangat Rezeki Akhir Tahun (Semarak) 2021. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

Selama kegiatan semarak akhir tahun itu banyak keringakan pembelian untuk Suzuki XL7,New Ignis, Carry Pick Up dan Suzuki All New Ertiga.

"Suzuki Fiesta II ini kita gelar secara serentak di seluruh dealer Suzuki di Provinsi NTT setelah sebelumnya sukes melakukan hal serupa pada Mei 2021 lalu, selain untuk menjangkau pasar di akhir tahun, juga membantu leasing atau perbankan untuk bisa mencapai target masing-masing," kata Theo Pareira.

Diakui Theo Pareira, kebutuhan customer di akhir tahun pasti meningkat, sehingga SBM menggandengan semua leasing termasuk perbankan untuk meringankan cusomer yang ingin memiliki mobil.

"Selama Suzuki Fiesta ini berlangsung, baik Leasing maupun perbankan akan memberikan bunga murah dan uang muka ringan. Bahkan ada yang hanya dengan Uang Muka Rp7 Juta bisa membawa pulang mobil," kata Theo Pareira.

Baca juga: Pemerintah perpanjang diskon PPnBM kendaraan bermotor

Baca juga: Insentif PPnBM dongkrak penjualan mobil di NTT