Semaraki HKN, Dompet Dhuafa NTT beri layanan kesehatan gratis bagi warga Oebelo

id NTT,Desa Oebelo,LKC Dompet Dhuafa,Hari Kesehatan Nasional,layanan kesehatan gratis

Semaraki HKN, Dompet Dhuafa NTT beri layanan kesehatan gratis bagi warga Oebelo

Warga Desa Oebelo, Kabupaten Kupang, NTT, saat mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari LKC Dompet Dhuafa NTT dalam kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Desa Oebelo, Jumat (19/11/2021). (ANTARA/HO-LKC Dompet Dhuafa NTT)

Kami juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan kesehatan yang ada di desa seperti posyandu maupun posbindu lanjut usia
Kupang (ANTARA) - Lembaga nirlaba Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Timur memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi puluhan warga Desa Oebelo, Kabupaten Kupang.

"Pemberian layanan kesehatan gratis bagi warga Desa Oebelo ini berupa skrining penyakit tidak menular, pemberian obat-obatan dan vitamin, serta sosialisasi," kata Kepala LKC Dompet Dhuafa NTT Ummi K Muhammad di Kupang, Jumat (19/11).

Ia mengatakan layanan kesehatan gratis ini dihadirkan dalam rangka kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 sekaligus ulang tahun LKC Dompet Dhuafa yang ke-20.

Melalui kegiatan ini, kata dia masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma baik berupa pemeriksaan kondisi kesehatan maupun mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan.

Selain itu pihaknya juga mengkampanyekan dan mengajak masyarakat untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan harapan bersama sesuai tema HKN yaitu "Sehat Negeri, Tumbuh Indonesiaku."

"Perilaku hidup bersih dan sehat harus mulai diterapkan dari keluarga, itu yang kami dorong agar dilakukan setiap rumah tangga," katanya.

Ummi mengatakan selain itu pihaknya juga mengajak masyarakat setempat untuk memperhatikan pemenuhan gizi ibu dan anak sejak dini terutama di 1000 hari pertama kehidupan.

"Kami juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan kesehatan yang ada di desa seperti posyandu maupun posbindu lanjut usia," katanya.

Ummi menambahkan kegiatan peringatan HKN yang didukung pihak Kimia Farma, Rumah Makan Brotus, dan Brand Sepatu Tapaleuk itu diisi pula dengan perlombaan bayi sehat dan penyuluhan kesehatan.

Ia mengapresiasi antusiasme warga yang tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut dan ia berharap dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat setempat.

Baca juga: Dompet Dhuafa gelar sunat dan periksa kesehatan warga TTS
Baca juga: Dompet Dhuafa tempatkan bidan bantu layanan kesehatan di Sumba