Ketua DPD RI puji Danau Kelimutu di Ende destinasi kelas dunia

id Danau kelimutu, ende, DPD RI, NTT, hari lahir pancasila

Ketua DPD RI puji Danau Kelimutu di Ende destinasi kelas dunia

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengunjungi Danau Kelimutu di Ende, NTT, Selasa (31/5/2022) (ANTARA/HO-DPD RI)

Danau Kelimutu adalah bukti kebesaran sang maha pencipta. Sebuah danau alami di kawasan pegunungan yang sangat indah...
Ende (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memuji keindahan Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi kelas dunia.

"Danau Kelimutu adalah bukti kebesaran sang maha pencipta. Sebuah danau alami di kawasan pegunungan yang sangat indah. Pemerintah daerah harus menjaga ini," kata LaNyalla saat mengunjungi Danau Kelimutu di Ende, Selasa, (31/5/2022).

Salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Ende itu berhasil menghipnotis senator asal Jawa Timur itu. Dia mengatakan Danau Kelimutu bisa menguntungkan jika dikelola dengan baik.

Menurut dia, Danau Kelimutu bisa memberikan tambahan penghasilan untuk pemerintah daerah dan masyarakat melalui transaksi wisata. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Ende dan masyarakat harus menjaga kekayaan alam dari daerah tersebut.

Adapun kunjungan Ketua DPD RI ke Danau Kelimutu itu merupakan bagian dari kunjungan kerjanya ke Ende. Dia dipastikan menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni yang akan berlangsung di Lapangan Pancasila Ende besok pagi.

LaNyalla mengatakan Presiden Soekarno menemukan Pancasila di Ende karena tadabur dengan alam, merenung bersama alam, dan berkomunikasi dengan manusia.

Aktivitas Soekarno merenung di bawah pohon Sukun dan menyatu dengan alam itulah yang juga membantu melahirkan Pancasila.

Baca juga: LaNyalla minta pemerintah jaga kelestarian rumah pengasingan Bung Karno di Ende

Sebelumnya LaNyalla sempat berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno di Kota Ende. Dia menyebut Rumah Pengasingan Bung Karno merupakan daya tarik wisata sejarah di Kabupaten Ende.

Baca juga: Ketua DPD dorong pemerintah pastikan pasar hasil UMKM

"Pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, dan dukungan media juga harus bantu publikasi destinasi ini,” kata LaNyalla mengajak semua pihak untuk menjaga daya tarik wisata itu.