BMKG: Waspadai gelombang 6 meter

id bmkg cilacap, gelombang tinggi

BMKG: Waspadai gelombang 6 meter

Arsip - Gelombang tinggi di Pantai Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. ANTARA/Sumarwoto

...Peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot
Cilacap (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kelautan untuk waspada terhadap potensi gelombang setinggi 6 meter di wailayah perairan laut Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Ahad.

Ia mengatakan pergerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang laut.

Karena itu, pihaknya pada hari Ahad (12/6), mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga sangat tinggi di laut selatan Jawa Barat, Jateng, serta DIY yang berlaku hingga Senin (13/6), dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Menurut dia, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selain itu, tinggi gelombang 2,5-4 meter berpotensi terjadi di Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, dan Samudra Hindia selatan Pangandaran.

"Sementara tinggi gelombang 4-6 meter yang masuk kategori sangat tinggi berpotensi terjadi di Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta," kata Teguh.


Baca juga: BMKG sebut hujan lebat berpotensi landa sejumlah provinsi, termasuk NTT

Baca juga: BMKG: Gelombang laut sangat tinggi berpeluang melanda selatan Sumba-Sabu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspadai gelombang 6 meter di Samudra Hindia selatan Jateng-DIY