Presiden dijadwalkan resmikan SPAM Kali Dendeng

id NTT,kali dendeng

Presiden dijadwalkan resmikan SPAM Kali Dendeng

Beberapa wali kota meninjau proyek pembangunan SPAM Kali Dendeng di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (24/6/2022). ANTARA/HO-Setda Kota Kupang

...Selama ini warga Kota Kupang sangat tergantung pada PDAM Kabupaten, sisanya membeli air dari mobil tanki
Kupang (ANTARA) - Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jefri Riwu Kore mengatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng, Kota Kupang, NTT, pada Juli 2022.

"Proyek pembangunan SPAM Kali Dendeng dengan anggaran APBN sebesar Rp168 miliar direncanakan diresmikan pada Juli 2022. Proyek ini merupakan pembangunan sarana air bersih yang terbesar di Kota Kupang," katanya di Kupang, Sabtu, (25/6/2022).

Proyek penyediaan air bersih Kali Dendeng di Kelurahan Penkase Oeleta, Kecamatan Alak, dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan kapasitas 150 liter per detik dan telah rampung dikerjakan.

Ia mengatakan proyek pembangunan SPAM Kali Dendeng untuk memenuhi kebutuhan air warga Kota Kupang yang selalu kesulitan dalam mendapatkan air bersih pada musim kemarau.

Menurut dia, Kota Kupang sudah lama mengalami kesulitan air, sehingga setelah dilantik untuk memimpin Kota Kupang, maka program utama yang dilakukan penyediaan air bersih.

"Selama ini warga Kota Kupang sangat tergantung pada PDAM Kabupaten, sisanya bahkan membeli air dari mobil-mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan air bersih," kata Jefri.

Baca juga: Kota Kupang siapkan 5.000 sambungan PDAM gratis untuk warga miskin

Jefri mengatakan proyek SPAM Kali Dendeng menggunakan sistem pengolahan dengan teknologi terintegrasi dan termutakhir yang disebut SCADA atau Supervisory Control and Data Acquisition.

Baca juga: Kota Kupang dapat Rp189 miliar bangun Bendungan Kali Dendeng

Teknologi itu mampu mengontrol proses pengolahan air distribusi hingga memantau kebocoran proyek SPAM yang menyuplai air bersih bagi 12 ribu sambungan rumah (SR) terutama bagi warga Kecamatan Alak.