Pahami fungsi dan cara kerja router agar internet makin lancar

id router, biznet

Pahami fungsi dan cara kerja router agar internet makin lancar

Ilustrasi - Seorang pria memasang kabel LAN router internet. (ANTARA/Shutterstock/am) (ANTARA/Shutterstock/am)

...Mengalami gangguan pada koneksi Internet WiFi dapat terjadi dalam beberapa aspek seperti gangguan pada jaringan dari provider ataupun karena perangkat router yang bermasalah
Jakarta (ANTARA) - Berselancar di dunia maya kini telah menjadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan masyarakat modern di setiap harinya sehingga harus didukung oleh koneksi Internet WiFi, namun ada sejumlah kondisi yang membuat koneksi internet terganggu.

Mengalami gangguan pada koneksi Internet WiFi dapat terjadi dalam beberapa aspek seperti gangguan pada jaringan dari provider ataupun karena perangkat router yang bermasalah.

Bagi para pengguna Internet di rumah pasti sudah sering mendengar kata “router” tapi apakah kalian sudah tau apa itu router dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini adalah penjelasan bagaimana fungsi dan cara kerja dari router, seperti tertulis dalam siaran pers Biznet Home, pada Rabu.

Menghubungkan jaringan
Perangkat router adalah menghubungkan perangkat elektronik dengan jaringan internet. Anda bisa menghubungkan beberapa jenis perangkat sekaligus ke router. Dengan begitu,Anda bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki.

Mentransmisikan informasi

Fungsi router yang kedua adalah untuk mentransmisikan informasi. Transmisi informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan.

Sederhananya, cara kerja router adalah menghubungkan perangkat-perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet.

Baca juga: China perketat kontrol internet bagi anak-anak
Baca juga: SpaceX sediakan WiFi dalam penerbangan untuk pertama kalinya




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Memahami fungsi dan cara kerja router agar internet makin lancar