Bupati Matim sebut Regsosek dukung ketepatan sasaran program

id Registrasi Sosial Ekonomi ,BPS,manggarai timur,agas andreas,ntt

Bupati Matim sebut Regsosek dukung ketepatan sasaran program

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melakukan rapat koordinasi Registrasi Sosial Ekonomi, Manggarai Timur, NTT, Senin (19/9/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Manggarai Timur)

...Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam
Bajawa (ANTARA) - Bupati Manggarai Timur Agas Andreas menyebut Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dapat memberikan informasi yang komprehensif untuk menyajikan data peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

"Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam sehingga memungkinkan menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program pemerintah," kata Bupati Agas ketika dihubungi dari Bajawa, Selasa, (20/9/2022).

Bupati menjelaskan Regsosek yang dilaksanakan pada Oktober-November nanti merupakan bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial untuk membantu pemerintah berbagai tingkatan dalam menyasar penduduk rentan, miskin, dan miskin ekstrem, khususnya dalam pemberian perlindungan sosial dan bantuan tanggap darurat kebencanaan.

Menurut dia, kelengkapan Regsosek membuka peluang pemanfaatan yang tidak hanya program perlindungan sosial saja, karena juga akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan, dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.

"Regsosek dapat membantu mewujudkan Manggarai Timur membangun secara inklusif," katanya lagi.

Ia mengatakan selama ini bantuan sosial yang merupakan bagian dari perlindungan sosial seringkali tidak tepat sasaran karena data penerima manfaat tidak akurat sebab basis data yang berbeda antar beberapa kementerian dan lembaga.

Baca juga: BPBD Manggarai Timur imbau warga tidak bakar lahan saat bertani

Oleh karena itu, Agas pun menegaskan bahwa pelaksanaan Regsosek merupakan hal mendesak untuk Manggarai Timur untuk memiliki data sosial ekonomi yang mencakup keseluruhan penduduk, karena dapat mewujudkan satu data program perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan daerah yang akurat.

Baca juga: Bupati Andreas : Persentase KIS di Manggarai Timur capai 97 persen

Dia pun meminta para camat dan pemangku kepentingan untuk terlibat dalam pengawasan Regsosek dari desa hingga ke tingkat lebih tinggi.

"Petugas tidak bisa mendata sendiri. Perlu libatkan seluruh unsur di desa/kelurahan dalam pengawalan lapangan seperti bangun posko di setiap desa/kelurahan agar setiap orang yang belum terdata dapat melaporkan diri," katanya.