Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Edistasius Endi memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan RI yang telah memberikan dukungan bagi pembangunan sektor kesehatan di daerah itu terutama di Labuan Bajo.

"Ucapan terima kasih dari masyarakat Manggarai Barat atas seluruh perhatian Presiden lewat Menteri Kesehatan yang mana RSUD Komodo yang diresmikan merupakan representatif kesediaan pemerintah dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan baik masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung," kata Bupati saat mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat, (23/12/2022).

Dalam kunjungan kerja itu, Menkes Budi telah meresmikan gedung baru RSUD Komodo Labuan Bajo dan berjanji untuk melengkapi fasilitas rumah sakit.

Bahkan Menkes Budi mengajak para dokter yang merupakan putra dan putri daerah untuk mengambil beasiswa dokter spesialis guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di rumah sakit tersebut.

Bupati menyampaikan dukungan Kemenkes itu memberi harapan baru dalam sektor kesehatan. Menurutnya, kebijakan pemerintah pusat yang terimplementasi dalam kebijakan Kemenkes memberi sebuah jaminan kenyamanan baru kepada masyarakat dan wisatawan.

"Ada sebuah jaminan kenyamanan kepada wisatawan dan masyarakat karena desain kebijakan yang mau dikedepankan itu RSUD Komodo Labuan Bajo akan menjadi RS rujukan untuk wilayah Flores bagian barat," katanya menambahkan.

Berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM, bupati yang akrab disapa Edi Endi ini telah menindaklanjuti dukungan Kemenkes berupa pemberian beasiswa dokter spesialis.

Dia telah memberikan rekomendasi pada sembilan dokter yang hendak mengambil beasiswa dokter spesialis tersebut. Bupati juga memohon agar tingkatan penilaian atau grade yang diberikan tidak disamaratakan dengan dokter dari daerah lain.

Dengan demikian pemerataan, keadilan, dan akses kesempatan itu bisa diperoleh juga oleh anak daerah.

"Ini adalah harapan baru bagi kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat tanpa terkecuali," ucap bupati optimis.

Baca juga: Pemprov NTT apresiasi Kemenkes RI membangun rumah sakit tipe B

Dalam kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, Menkes Budi telah mengunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan Labuan Bajo dan Puskesmas Labuan Bajo.

Baca juga: Kemenkes tambah kuota beasiswa kedokteran

Menkes Budi memberikan dukungan bagi setiap layanan publik yang diberikan oleh para petugas.

Dia juga berharap pelayanan kesehatan dapat diakses luas oleh masyarakat.

Pewarta : Fransiska Mariana Nuka
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024