Kupang (ANTARA News NTT) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang untuk kesekian kalinya mengingatkan operator pelayaran dan nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam beberapa hari ke depan. 

"BMKG memprakirakan dan memberikan peringatan untuk waspada terhadap potensi angin kecang dan gelombang tinggi di wilayah perairan NTT mulai Rabu (12/12)," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo kepada Antara di Kupang, Selasa (12/12), terkait kondisi perairan NTT saat ini.

Menurut dia, gelombang setinggi 3,0 meter berpotensi terjadi di Laut Sawu bagian selatan, perairan Samudera Hindia selatan NTT, dan Laut Timor di selatan NTT. Sedang, potensi gelombang setinggi 2,5 meter terjadi di Perairan Selat Sumba bagian barat, dan perairan selatan Kupang.

BMKG Kupang juga mengimbau operator pelayaran untuk waspada saat berlayar di Selat Sape, karena selat sempit yang membagi Flores (NTT) dan Sumbawa (NTB) itu berpotensi terjadi gelombang setinggi 2,0 meter.

Baca juga: Waspadai gelombang laut di wilayah perairan NTT
Baca juga: Waspadai gelombang setinggi 5,0 meter di perairan NTT

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor : Laurensius Molan
Copyright © ANTARA 2024