Labuan Bajo (ANTARA) - Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan mencari seorang anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Rahmat Hidayat yang terjatuh ke laut saat menarik jangkar di Pelabuhan Terong Adonara Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (20/9).

"ABK tersebut bernama Muhammad Iksan Eke (28)," kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dihubungi dari Labuan Bajo, NTT, Sabtu, (21/9).
 
Supriyanto Ridwan mengatakan, berdasarkan keterangan saksi mata bahwa korban pada pukul 18.30 Wita terlihat menarik jangkar yang larat, namun karena angin kencang dan gelombang membuat korban hilang kendali saat memegang tali jangkar dan terjatuh dari atas kapal.
 
Tim SAR gabungan yang mendapatkan laporan langsung melakukan pencarian pada Sabtu dengan mengerahkan peralatan utama (alut) Kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) Unit Siaga SAR Lembata dan rubber boat Kabupaten Flores Timur.
 
"Tim melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian hingga pukul 18.00 Wita, namun masih nihil," katanya.
 
Ia menjelaskan pencarian hari kedua terhadap korban akan dilaksanakan pada Minggu (22/9) pagi.
 
“Pencarian korban akan dilaksanakan lagi besok, semoga korban segera ditemukan," ujarnya.
 
Adapun unsur Tim SAR gabungan pada operasi ini antara lain Rescuer Unit Siaga SAR Lembata, personel TNI AL Pos Lembata, Polair Polres Flores Timur, BPBD Flores Timur, KSOP Pelabuhan Terong, nelayan setempat, dan keluarga korban.

Baca juga: Dua ABK hilang di Gili Motang Labuan Bajo ditemukan selamat

Baca juga: Tim SAR cari ABK hilang saat jaring ikan di perairan Ende









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim SAR mencari ABK yang jatuh ke laut di Flores Timur NTT

Pewarta : Gecio Viana
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024