Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menyiagakan 258 personelnya untuk mengamankan jalannya debat publik pertama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT di Kota Kupang pada Rabu (23/10) malam.

Kasatgas Tindak Operasi Mantap Praja Turangga Polda NTT AKP Raimundo De Jesus kepada wartawan di Kupang, Rabu, (23/10) mengatakan bahwa pihaknya juga melaksanakan patroli di wilayah Kota Kupang untuk memastikan bahwa Ibu Kota Provinsi NTT itu aman saat debat.

“Patroli yang dilakukan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta memastikan situasi kondusif selama persiapan dan pelaksanaan debat,” katanya.

Dia mengatakan bahwa 258 personel yang dikerahkan itu dibagi-bagi sebagian di lokasi kegiatan dan sebagian lagi melakukan patroli untuk memantau aktivitas masyarakat serta memastikan keamanan dan ketertiban di lokasi acara debat yang akan digelar di Millenium Ballroom.

“Kami melaksanakan patroli di sejumlah titik di Kota Kupang guna memantau aktivitas masyarakat dan memberikan pengamanan maksimal jelang debat perdana ini,” ujar dia.

Menurut dia, keamanan dan ketertiban merupakan prioritas utama sehingga masyarakat maupun pasangan calon dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan aman dan tertib.

Baca juga: Pilkada 2024 - KPU sebut NTT sudah terima pengiriman tahap pertama logistik

“Kami juga telah berkoordinasi dengan panitia penyelenggara dan pihak terkait di lokasi acara, memastikan semua aspek pengamanan sesuai prosedur,” tambah dia.

Baca juga: 96 persen pemilih NTT sudah merekam KTP elektronik

Patroli yang dilakukan ini merupakan bagian dari upaya pengamanan jelang Pilgub NTT, yang diharapkan dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024