Kupang (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula mengatakan bahwa rencana pembukaan rute baru maskapai penerbangan Air Asia ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, akan mendukung pertumbuhan ekonomi di ujung barat Pulau Flores itu.

"Tentunya akan mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Manggarai Barat, khususnya peningkatan di sektor pariwisata di daerah ini apalagi Air Asia dikenal dengan penerbangan dengan biaya yang sangat murah," kata Agustinus saat dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (10/5).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan rencana pembukaan rute baru oleh maskapai penerbangan Air Asia ke Labuan Bajo. Air Asia adalah sebuah maskapai penerbangan berbiaya murah yang berpusat di bandara internasional Kuala Lumpur.

Air Asia adalah maskapai penerbangan swasta tersebesar di Malaysia. Dengan jaringan rute penerbangan internasionalnya, Air Asia menjadikan dirinya sebagai pemain regional yang berkompetisi dengan Lion AIr di Indonesia.

Agustinus mengatakan bahwa secara umum Pemkab Manggarai Barat, NTT, menyambut baik rencana pembukaan rute penerbangan Air Asia dari dan ke Bandara Komodo Labuan Bajo.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan konektivitas udara dengan kota-kota Internasional seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Perth, Australia. "Saya yakin jika hal tersebut terealisasi maka kunjungan wisatawan ke bumi The New Seven Wonders of Nature akan bertambah banyak." katanya.

Baca juga: Mulai Juli 2019, Air Asia akan layani rute Denpasar-Labuan Bajo

“Tidak hanya itu, wisatawan ataupun masyarakat mempunyai banyak pilihan dalam menentukan maskapai, tidak hanya maskapai yang sudah beroperasi selama ini," ucapnya.

Menurut Bupati Manggarai Barat itu, kehadiran Air Asia juga nantinya secara langsung mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia untuk mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan dengan target wisatawan mancanegara mencapai 20 juta dalam tahun 2019.

Dalam kaitan dengan target tersebut maka peningkatan aksesibilitas penerbangan ke daerah mutlak diperlukan. "Sebagai salah satu destinasi super prioritas pariwisata Indonesia, kami memberi apresiasi atas rencana Air Asia untuk membuka penerbangan di bandara Komodo Labuan Bajo dalam waktu dekat. Apalagi rencana ini sejalan dengan rencana Pemkab Manggarai Barat dalam pengembangan pariwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya,” ujarnya.

Baca juga: NTT Berharap AirAsia ke Labuan Bajo
Baca juga: Air Asia mempercepat Komodo jadi bandara Internasional

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Laurensius Molan
Copyright © ANTARA 2024