Kupang (ANTARA) - PT. Pertamina (Persero) Region (MOR) V menyalurkan bantuan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) lima alat cuci tangan portabel bagi masyarakat di kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur sebagai bagian dari mencegah penyebaran COVID-19.

Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji kepada ANTARA di Kupang, Sabtu (18/4) mengatakan lima alat cuci tangan portabel itu diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur.

"Rencananya alat itu akan di sebar di Pasar Matawai, Taman Kota, Pelabuhan, Komplek Kantor Bupati Sumba Timur dan Rumah Sakit Umbu Rara Meha," katanya.

Rustam menambahkan bahwa alat cuci tangan ini merupakan hasil kreatifitas warga di sekitar Fuel Terminal (FT) Waingapu dengan memanfaatkan drum bekas kapasitas 200 (dua ratus) liter yang difabrikasi sebagai alat cuci tangan.

"Adanya keterlibatan warga masyarakat dalam menyiapkan bantuan ini, merupakan bentuk semangat energi tulus yang tak berhenti, agar dapat bermanfaat bagi sesama, meskipun di masa-masa penuh kekhawatiran dan kewaspadaan seperti sekarang ini," ujar Rustam

Baca juga: Antrean masih terjadi di SPBU akibat kepanikan warga
Baca juga: Depot pengisian Avtur Bandara Tambolaka diresmikan

Rustam menambahkan selain memberikan bantuan lima unit alat cuci tangan portabel melalui BPBD Kabupaten Sumba Timur, Pertamina juga menyerahkan 20 unit alat cuci tangan portabel ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Madiun oleh perwakilan FT Madiun.

Lebih lanjut ia mengatakan, sampai dengan saat ini, Pertamina di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara sudah menyebarkan 90 unit alat cuci tangan portabel kepada masyarakat di sekitar lokasi distribusi Pertamina.

"Harapan kami, dengan semakin banyak tersedia alatnya, kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, utamanya membiasakan cuci tangan dalam aktivitas sehari-hari bisa kembali digalakkan," ujar dia.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumba Timur, Mikael Jaka Laki mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pertamina.

"Atas nama pemerintah Kaupaten Sumba Timur kami mengucapkan terima kasih atas bantuan Pertamina, sungguh ini membantu kami dalam meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya hidup sehat, khususnya dalam hal mencuci tangan," tutur dia.

Bantuan tersebut ujar dia akan disebarkan di titik-titik pusat keramaian. Tentu saja hal tersebut ujar dia merupakan inspirasi bagi seluruh perusahaan lain jika ada bentuk dukungan lain kepada pemerintahan dalam usaha bersama untuk mencegah dan menanggulangi wabah COVID-19 ini di Sumba Timur.

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024