Kupang (Antaranews NTT) - Pemerintah Kota Kupang akan membangun lima koridor taman baru demi mempercantik penampilan Kkota Kupang sebagai pusat pemerintahan di Nusa Tenggara Timur.

"Pemerintah Kota Kupang berkomitmen melakukan berbagai upaya untuk memperindah penampilan Kota Kupang sebagai pusat pemerintahan di NTT. Kita akan melakukan pembangunan lima koridor taman baru di daerah ini," kata Walikota Kupang Jefrison Riwu Kore di Kupang, Rabu.

Pemerintah Kota Kupang menggandeng pemerintah Nusa Tenggara Timur dalam membangun lima taman baru yang akan menyedot anggaran sekitar Rp30 miliar itu.

Lima koridor taman baru itu berlokasi disepanjang jalan El Tari hingga Frans Seda menuju bandara udara El Tari Kupang. Pemerintah akan membangun taman serta patung budaya dengan tampilan dari berbagai etnis di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Misalnya untuk taman di bundaran El Tari tepatnya depan Kantor Gubernur NTT yang ada tugu Bank Indonesia akan diganti dengan patung bernuansa etnis budaya dari Manggarai seperti patung caci. Demikian pula di koridor lainnya ada ciri khas budaya sumba, Timor, Alor, Sabu, Rote dibangun dalam kawasan taman , sehingga kota ini akan menjadi indah dalam nuansa budaya kita," kata Jefri.

Pemerintah NTT mulai melakukan penataan terhadap taman depan Kantor Gubernur NTT dengan membangun patung kuda, danau tiga warna Kelimutu, serta patung Komodo maupun patung tarian tradisional dari seluruh NTT.

"Tahun 2018 ini pembangunan taman baru mulai dilakukan secara bertahap," katanya dan meminta warga Kota Kupang turut menjaga taman yang ada itu dengan tidak merusak fasilitas yang ada.

"Jangan buang sampah sembarang dalam taman kota, karena taman kota akan menjadi destinasi wisata lokal yang dapat dikunjungi masyarakat ketika waktu liburan " katanya.

Ia juga berharap masyarakat Kota Kupang dapat memanfaatkan musim hujan untuk menanam berbagai jenis pohon dalam lingkungan rumah sehingga Kota Kupang menjadi hijau dan sejuk. 

Pewarta : Benediktus Jahang
Editor : Laurensius Molan
Copyright © ANTARA 2024