Kupang (ANTARA) - Ketua Komisi V DPRD NTT Yunus Takandewa mengatakan pihaknya mendorong TNI di wilayah itu terus melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi warga  di pulau-pulau yang sulit dijangkau pemerintah setempat.

"Kami juga meminta bantuan TNI ya untuk mengedukasi warga di pulau-pulau sekaligus melaksanakan vaksinasi bagi warga di pulau-pulau itu, karena kita melihat bahwa masih banyak warga di pulau-pulau yang masih belum memahami pentingnya vaksinasi," kata Yunus  di Kupang, Rabu, (6/10).

Hal ini dikatakannya karena ia menilai bahwa masih banyak warga di pulau-pulau di kawasan perbatasan yang masih minim akan vaksin akibat masih belum paham betapa pentingnya vaksin itu di tengah pandemi COVID-19.

Yunus sendiri melihat ada dua aspek mengapa masyarakat di daerah kepulauan serta daerah perbatasan itu perlu untuk divaksin dan diberikan pemahaman.

"Masyarakat di perbatasan atau di pulau-pulau itu perlu pemahaman bahwa vaksinasi itu penting untuk meningkatkan herd immunity," ujar dia.

Aspek kedua adalah mengapa menurut dia membutuhkan TNI untuk membantu vaksinasi di kepulauan dan perbatasan karena memang fasilitas kesehatan yang dimiliki cukup memadai.

Selain itu sarana transportasi yang dimiliki juga sangat memungkinkan seperti kendaraan truknya, kemudian juga KRI yang bisa menyingahi sejumlah pulau-pulau di NTT yang masyarakatnya belum menerima vaksin.

Yunus juga menilai bahwa TNI sendiri sudah sangat profesional dalam menangani daerah daerah terpencil di NTT.

Ia juga menilai bahwa capaian vaksinasi di NTT yang terus meningkat hingga saat ini juga berkat keterlibatan dari institusi TNI yang ada di NTT.

Baca juga: DPRD: Capaian vaksinasi di NTT meningkat berkat dukungan TNI/Polri

Baca juga: TNI AL bantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Malaka

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024