Kupang (ANTARA) -
Tim Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uly Kupang menggandeng gereja untuk menggelar vaksinasi COVID-19 dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi di Kota Kupang, Selasa.

"Hari ini kami menggelar vaksinasi COVID-19 di gereja Santo Gregorius Oeleta, di Kecamatan Alak, untuk mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Kupang," kata Ketua Tim RSB Titus Uly dr. Mariana Latumentan di lokasi pelaksanaan vaksinasi di Kota Kupang, Selasa, (7/12).

Ia menyebutkan dalam pelaksanaan vaksinasi itu ada sekitar 84 orang warga atau umat di gereja itu yang menerima suntikan vaksin COVID-19.

Dari 84 orang itu ia merinci sebanyak 20 orang menerima vaksin tahap pertama dan kedua jenis Sinovac dan 64 orang lainnya menerima suntikan vaksin COVID-10 jenis Astra Zenneca tahap satu dan dua.

Dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi umat di gereja itu, dr. Mariana mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 11 orang tenaga vaksinator yang bekerja di rumah sakit itu.

"Pelaksanaan Vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pemerintah untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi nasional agar segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujar dia.

Ia menambahkan bahwa untuk vaksinasi COVID-19 di gereja itu, tidak hanya melibatkan orang tua atau lansia saja, tetapi anak-anak usia remaja juga dilibatkan untuk menerima vaksin COVID-19.

Dijelaskan, sebelum disuntik vaksin, peserta menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran suhu, tekanan darah, dan pengecekan 13 kriteria penyakit yang tak bisa mengikuti vaksinasi.

Di kesempatan tersebut dr. Mariana Latumenten menyampaikan pesan kepada masyarakat NTT agar selalu mentaati protokol kesehatan.

Baca juga: Pemkab Sabu Raijua gandeng pendamping desa percepat vaksinasi

"Meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap menjadi yang utama. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan-kerumunan yang tidak perlu," pesannya.

Baca juga: Pemkab Kupang jaring vaksinasi secara "door to door" kejar target 70 persen

Untuk diketahui berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan Kota Kupang capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Kupang kini sudah mencapai kurang lebih 86 persen.

Capaian ini sudah lebih tinggi dari target yang diberikan oleh pemerintah pusat yakni pada akhir Desmber nanti semua daerah di Indonesia capaian vaksinasinya mencapai 70 persen.

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024