Kupang (ANTARA) - Sebanyak kurang lebih 500 pemudik yang menggunakan kapal laut tiba di pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (29/4) siang saat H-3 jelang Idul Fitri 1443 Hijriah 2022.

"Jelang Idul Fitri jumlah pemudik yang datang justru lebih banyak dari pada pemudik yang berangkat. Dan hari ini menurut informasi ada sekitar 500an pemudik," kata GM Pelindo Kupang Agus Nazar saat memantau kedatangan sejumlah pemudik melalui pelabuhan Tenau Kupang, Jumat.

Agus menjelaskan para pemudik itu tiba di pelabuhan Tenau Kupang menggunakan kapal Pelni KM AWU setelah berlayar dari Kabupaten Ende.

Dengan kedatangan itu, maka arus pemudik yang tiba di pelabuhan itu justru lebih tinggi dari pada pemudik yang berangkat yang terhitung sejak H-10 hingga H-3 Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Sementara yang berangkat ke Rote pada Jumat pagi tadi jumlahnya hanya mencapai 200an orang saja," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Pelni Cabang Kupang Syafran mengatakan bahwa untuk membantu mengangkut pemudik di wilayah NTT pihaknya telah menyiapkan 11 armada kapal Pelni.

"11 Armada itu terdiri dari enam kapal perintis dan lima unit kapal penumpang," katanya.

Lima kapal penumpang itu adalah KM Umsini, KM Awu, KM Bukit Siguntang, KM Wilis, serta KM Sirimau yang selama ini sudah melayani penumpang di NTT.

Kemudian, enam kapal perintis adalah Sabuk Nusantara 67, Sabuk Nusantara 87, Sabuk Nusantara 28, Sabuk Nusantara 108, Sabuk Nusantara 90, dan Sabuk Nusantara 104.

Baca juga: Ombudsman NTT imbau pemudik manfaatkan layanan posko Lebaran

Baca juga: Moeldoko ingatkan petugas agar jaga euforia pemudik

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024