AP I 47.624 catat pemudik melintas melalui bandara El Tari

id NTT,bandara el tari,Kota Kupang,arus mudik dan arus balik ,idu fitri

AP I  47.624 catat pemudik melintas melalui bandara El Tari

Pemudik melalui bandara El Tari Kupang. ANTARA/Kornelis Kaha

...Secara keseluruhan selama arus mudik dan arus balik pergerakan pemudik melalui bandara El Tari mencapai 47.624 penumpang mengalami penurunan sebesar 13,96 persen dibandingkan dengan arus mudik saat Idul Fitri tahun 2023
Kupang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang mencatat jumlah pemudik yang melintas melalui bandara tersebut selama arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah 2024 mencapai 47.624 pemudik

“Secara keseluruhan selama arus mudik dan arus balik pergerakan pemudik melalui bandara El Tari mencapai 47.624 penumpang mengalami penurunan sebesar 13,96 persen dibandingkan dengan arus mudik saat Idul Fitri tahun 2023,” kata GM PT Angkasa Pura I Lilik Pujianto di Kupang, Senin, (22/4/2024).

Dia mengatakan hal ini ketika ditanyai soal pergerakan penumpang melalui bandara El Tari selama pembukaan Posko hingga penutupan Posko terpadu angkutan Udara selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri.

Lilik menambahkan bahwa pada tahun 2023 lalu jumlah penumpang atau pemudik melalui bandara tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2024.

“Pada tahun 2023 jumlah penumpang yang melalui bandara El Tari mencapai 55.353 penumpang,” ujar dia.

Secara umum ujar dia juga puncak arus mudik melalui bandara El Tari terjadi pada 6 April dimana jumlah pemudik pada hari tersebut mencapai 4.991 orang baik yang tiba maupun yang berangkat.

Sementara arus balik melalui bandara itu terjadi pada 15 April 2024 dengan jumlah pemudik baik itu yang berangkat maupun yang tiba di bandara itu mencapai 4.066 pemudik

Disamping itu juga berdasarkan catatan yang dilaporkan oleh petugas Posko Terpadu Angkutan Udara bandara El Tari Kupang disebutkan bahwa jumlah rata-rata harian selama arus mudik dan balik mencapai 2.977 pemudik per harinya.

Baca juga: AP I Bandara El Tari sediakan fasilitas untuk kenyamanan para pemudik
Baca juga: AP I sebut Bandara El Tari punya rute penerbangan baru


Lilik menyampaikan terima kasihnya kepada sejumlah petugas yang telah bertugas selama arus mudik dan balik Idul Fitri karena selama itu pelaksanaan arus mudik dan balik di bandara itu internasional itu berjalan dengan baik dan kondusif.