Jerman kecam putusan Israel legalkan sembilan pos terdepan di Tepi Barat

id Jerman,Tepi Barat,pos terdepan,Israel

Jerman kecam putusan Israel legalkan sembilan pos terdepan di Tepi Barat

Arsip - Pengunjuk rasa Palestina mengembalikan kaleng gas airmata yang ditembakkan polisi Israel, pada aksi protes menentang pemukiman Israel, di Beit Dajan, wilayah pendudukan Tepi Barat, Jumat (22/10/2021). REUTERS/Mohamad Torokman/AWW/djo (REUTERS/MOHAMAD TOROKMAN)

...Jerman "sangat prihatin" dengan pengumuman pemerintah Israel mengenai pos terdepan permukiman baru yang ilegal berdasarkan hukum Israel, kata Christian Wagner, kepada perwakilan media di Berlin
Berlin (ANTARA) - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman pada Senin (13/2) mengecam keputusan Israel untuk melegalkan sembilan pos terdepan ilegal di wilayah pendudukan Tepi Barat dan mengubahnya menjadi permukiman baru.

Jerman "sangat prihatin" dengan pengumuman pemerintah Israel mengenai pos terdepan permukiman baru yang ilegal berdasarkan hukum Israel, kata Christian Wagner, kepada perwakilan media di Berlin.

Tindakan sepihak semacam itu membuat "ketegangan antara Israel dan Palestina kian memanas dan kami berharap agar langkah ini tidak akan terjadi. Kini yang lebih penting adalah melanjutkan pembicaraan," kata Wagner.

Kendati menjadi sekutu setia Israel, Jerman kerap berupaya mengkritik pembangunan permukiman Israel yang berkelanjutan. Menurutnya, hal itu hanya akan semakin mempersulit apa yang disebut proses damai Timur Tengah.

Komite kementerian Israel pada Minggu (12/2) menyetujui rencana untuk membatalkan undang-undang tentang pemisahan dari Tepi Barat utara yang berlaku pada 2005.

Rencana itu akan memungkinkan pembangunan empat permukiman yang dibongkar oleh mantan perdana menteri Ariel Sharon pada 2005.

Diperkirakan sekitar 650.000 orang akan tinggal di 164 permukiman dan 116 pos terdepan di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Menurut hukum internasional, semua permukiman Yahudi di wilayah pendudukan dianggap ilegal.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Sembilan orang warga Palestina tewas dalam serbuan tentara Israel

Baca juga: Puluhan ribu warga Israel menentang rencana reformasi peradilan




 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jerman kecam keputusan Israel legalkan 9 pos terdepan Tepi Barat