Pemkab Mabar gandeng agen perjalanan promosikan desa wisata

id desa wisata,pariwisata,loha,coal,dispar,labuan bajo,manggarai barat,ntt,asita,agen travel

Pemkab Mabar gandeng agen perjalanan promosikan desa wisata

Air Terjun Sunsa Namo di Desa Wisata Loha, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kami sudah libatkan agen perjalanan seperti ASITA, HPI, agar memasukkan desa wisata Loha dan Coal dalam paket wisata untukĀ  dipasarkan...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menggandeng agen perjalanan wisata (travel agent) untuk memasukkan desa wisata dalam paket penjualan perjalanan wisata sebagai bentuk promosi wisata daerah.

"Kami sudah libatkan agen perjalanan seperti ASITA, HPI, agar memasukkan desa wisata Loha dan Coal dalam paket wisata untuk  dipasarkan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut di Labuan Bajo, Kamis, (30/3/2023).

Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan destinasi.

Khusus untuk desa wisata, kata Pius, dinas melibatkan agen perjalanan wisata supaya desa wisata Loha dan Coal masuk dalam peta perjalanan wisata yang dijual mereka kepada pengunjung.

Menurut dia desa wisata juga memiliki wisata budaya, atraksi, dan living culture yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Dengan demikian kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo tidak hanya berfokus pada destinasi dalam kawasan Taman Nasional Komodo saja.

"Desa Loha dan Coal itu siap dipasarkan karena masyarakat sudah dilatih untuk melayani wisatawan," katanya.

Ketua ASITA Manggarai Raya, Evodius Gonsomer mengatakan agen perjalanan khususnya ASITA telah memasukkan desa wisata tersebut dalam penjualan paket wisata yang baru di Manggarai Barat. Namun diakuinya tamu yang mau berkunjung masih kurang.

Meski demikian ASITA berkomitmen untuk terus mempromosikan destinasi wisata baru yang ada di Manggarai Barat, khususnya desa-desa wisata.

"Semoga ada tamu yang mau berkunjung ke daerah wisata baru seperti Desa Loha yang kaya dengan ragam budaya dan alam yang indah," katanya.

Baca juga: Desa Golo Loni dan Colol masuk 300 besar ADWI

Baca juga: Pemkab Nagekeo minta desa optimalkan situs web guna promosi wisata









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Manggarai Barat gandeng agen perjalanan promosi desa wisata